Home » Feature » Feature

Kamis, 29 Maret 2012 | 00:34:12 WITA | 1082 HITS
Mekah Berbenah Menyambut Tamu Allah (1)
Superblok Modern Mengitari Masjidil Haram

Beragam fasilitas baru dibangun Pemerintah Kerajaan Arab Saudi maupun pihak swasta dengan jaminan kenyamanan di sekitar Masjidil Haram, Kota Mekah. Berikut catatan FAJAR yang melakukan perjalanan umrah bersama Konsorsium La Ilaha Illallah.
LAPORAN: HARIFUDDIN, Mekah
SUARA hiruk pikuk mesin alat berat proyek perluasan Masjidil Haram dan pembangunan superblok di sekitarnya menderu di antara gema talbiyah dan doa jemaah umrah yang tawaf mengelilingi Kakbah setiap hari.
Crane pengangkut material yang jumlahnya puluhan terlihat mencolok di sisi barat hingga utara Masjidil Haram. Saat tawaf mengelilingi Kakbah pun, crane yang menjulang dan saling menyilang satu sama lain tetap terlihat. Suasananya nyaris mirip pelabuhan laut.
Dua menara baru sudah berdiri tegak dan dalam proses perampungan menambah menara yang sudah ada menjadi sebelas menara. Sesuai desain yang terpampang di beberapa sudut pelataran masjid, menara baru mengapit pintu barat perluasan Al Haram. Bangunan baru masjid juga sudah berdiri di atas areal seluas 400 ribu meter persegi dengan level lantai sudah melewati bangunan utama Al Haram. Perluasan masjid dengan desain dan pemilihan jenis marmer yang sama dengan bagian bangunan Al Haram lainnya ditargetkan dapat menampung hingga 1,2 juta jemaah.
Di sisi lain, pekerja yang didatangkan dari Bangladesh, Srilanka, India, dan beberapa negara lain sedang mengerjakan pelataran masjid mulai dari depan Hotel Hilton hingga areal pelataran gedung baru masjid. Marmer putih yang cukup menyilaukan mata saat ditimpa sinar matahari dipasang di pelataran masjid.
Kelak, areal pelataran yang berbatasan langsung dengan selasar bangunan hotel dan pusat perbelanjaan di menjadi areal salat bila masjid tidak dapat lagi menampung jemaah umrah maupun haji.
Proyek atas perintah Raja Abdullah sebagai penjaga dua masjid suci untuk mengakomodasi jumlah jemaah haji dan umrah yang meningkat setiap tahun.   
Kenyamanan dan keamanan jemaah juga menjadi alasan utama perluasan dan pembangunan beragam fasilitas baru di tengah kontroversi modernisasi kawasan sekitar Al Haram yang agung.
Di luar musim haji sekalipun, masjid kadang lagi tidak dapat menampung ribuan jemaah terutama menjelang puncak Ramadan. Jemaah banyak meluber keluar hingga ke pelataran dan jalan-jalan di sekitar masjid seperti yang terjadi saat ini.
Pendamping jemaah Konsorsium La Ilaha Illallah, Prof Farid Mantu yang beberapa kali dalam setahun menginjakkan kaki di Tanah Haram mengatakan pertumbuhan pembangunan di Mekah sangat pesat. Selain pembangunan gedung baru Al Haram, juga dilakukan perluasan pelataran masjid, pembangunan terowongan, toilet, serta fasilitas mesin pendingin udara dan penyediaan air minum.
Sejumlah hotel bertingkat dan pusat perbelanjaan juga kini berpacu dengan perluasan masjid. Pembangunan superblok baru Rawabi Abraj Al Bait dikerjakan Saudi Bin Ladin Group tidak jauh dari lokasi Abraj Al Bait.
Rencananya, superblok ini terdiri dari 21 menara apartemen yang dibangun di atas lahan seluas 2,8 juta meter persegi. Perusahaan konstruksi milik ayah Osama Bin Ladin yang mengerjakan Abraj Al Bait dengan jam raksasa sebagai ikonnya, juga sedang mengerjakan Jabal Omar Project di samping Dar Al Tauhid Hotel. Letaknya di depan proyek perluasan Al Haram.
Tujuh menara masing-masing 35 lantai direncanakan terbangun untuk pembangunan hotel dan pusat perbelanjaan baru. Saat ini, proyek dalam proses penggalian lahan berbatu untuk pembuatan basement.
Proyek perluasan masjid meratakan tidak sedikit bangunan hotel dan kawasan permukiman penduduk di sekitarnya. Hotel-hotel yang sebelumnya berdiri kokoh di sekitar Al Haram dan dirubuhkan untuk proyek perluasan masjid dan pembangunan superblok di antaranya Hotel Al Safa, Makkah Hotel, Hotel Zahret, New Safa, Elaf Tower, White Palace, Al Waled Palace, dan puluhan hotel lainnya.
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sejak beberapa tahun terakhir memulai proyek perluasan areal masjid dengan alokasi anggaran secara keseluruhan sekitar SR80 miliar. Termasuk pelataran timur yang berbatasan dengan kompleks istana raja yang juga menggusur Pasar Seng yang cukup terkenal di kalangan jemaah.
Selain perluasan masjid dan pembangunan gedung modern, pemerintah juga memberi perhatian serius pada infrastruktur. Jalan layang dan subway di sekitar Masjidil Haram telah beroperasi dalam satu tahun terakhir.
Subway atau jalan bawah tanah di Ajyad Street yang terletak di depan Dar Al Eiman Royal Hotel atau di samping Abraj Al Bait, kata pembimbing jemaah umrah Konsorsium La Ilaha Illallah, ustaz Badaruddin, belum terbangun. Saat ini, subway telah terhubung dengan jalan bawah tanah di pelataran Masjidil Haram.
Rumah sakit di Ajyad Street-pelataran kompleks istana raja-juga telah tergusur dan dipindahkan ke basement Hotel Safwa. Sebagai gantinya, akan dibangun perkantoran dan apartemen. Saat ini, pekerja sedang melakukan penggalian batu padas untuk pembuatan basement.
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga mengembangkan kawasan Jabal Hindi. Abdullah bin Zubair Street dijadikan jalan arteri utama menghubungkan Hajoun Street. Terowongan sepanjang 1200 meter yang melewati Jabal Hindi akan dibangun. Pembangunan terowongan sepanjang 1100 meter juga dilakukan di bawah Jabal Madafi.
Selain flyover atau jalan layang dan subway, antisipasi kemacetan lalu lintas di Mekah dilakukan dengan membangun banyak terowongan menembus bukit. Di atasnya tetap terbangun jalan serta gedung bertingkat.
Pesatnya pembangunan Mekah diakui Wali Kota Mekah Osama Al-Bar kepada harian terbitan Arab Saudi, Arab News, ikut meningkatkan geliat ekonomi. Investasi baru senilai SR100 miliar dapat ditarik masuk ke Tanah Suci.
Ilustrasinya, dari SR1 miliar yang digunakan pemerintah untuk pembangunan fasilitas akan mendorong investasi swasta SR5 miliar. Kesempatan ini memberi multiplier effect kepada penduduk lokal.
Pembangunan megaproyek berimplikasi pada melambungnya sewa properti dan harga tanah, terutama di sekitar Al Haram. Harga tanah saat ini mencapai SR500 ribu sampai SR 2 juta per meter persegi untuk yang dekat dengan Masjidil Haram (setara Rp5 miliar).   Dikutip dari Arab News Daily, Ketua Komite Real Estate Kamar Dagang dan Industri Makkah, Mansour Abu Rayyash mengungkapkan, lebih dari 7000 unit real estate akan dibongkar di Mekah pada tahun 2012. Lahannya untuk pembuatan jalan bagi perluasan Masjidil Haram dan perkembangan kota.
Selain itu, 4000 rumah akan dibongkar untuk pembangunan jalan paralel dari sisi barat Masjidil Haram. Pembongkaran kawasan permukiman juga diperuntukkan pembangunan jalan lingkar. (*/sil)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...