Home » Makassar Hari Ini » Yang Lain

Sabtu, 22 September 2012 | 19:02:41 WITA | 799 HITS
Makassar Bertabur RS Internasional
Tawarkan Pelayanan Maksimal

MAKASSAR, FAJAR -- Jasa layanan kesehatan premium terus berkembang. Sejumlah rumah sakit mewah kini telah hadir di Kota Daeng.
Keberadaan rumah sakit yang tergolong mewah di Makassar seakan melengkapi kemajuan kota ini. Betapa tidak, rumah sakit-rumah sakit ini menawarkan beragam fasilitas dan kenyamanan khusus demi kesembuhan si pasien.

Sebut saja Private Care Centre (PCC) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo, Rumah Sakit Awal Bros, dan Rumah Sakit Siloam. Pelayanan pasien di ketiga rumah sakit yang memosisikan diri sebagai rumah sakit dengan pelayanan internasional bukan sekadar slogan.

Sebagai bukti, di ketiga rumah sakit tersebut, setiap harinya puluhan bahkan ratusan pasien antre mendapatkan pelayanan. Para perawatnya pun dengan ramah memberikan pelayanan.

Prof dr H Abdul Kadir, SpTHT (KL), PhD, Direktur Utama PCC RSUP Wahidin Sudirohusodo mengemukakan, kehadiran PCC di lingkup rumah sakit yang dipimpinnya, sebagai jawaban atas dambaan publik terhadap pelayanan kesehatan papan atas.

PCC juga ikut berpartisipasi dalam proses pemilihan umum kepala daerah di Sulawesi Selatan. "Semua kandidat, mulai calon gubernur, bupati dan wali kota, dipantau kesehatannya secara berkala, melalui medical check up yang dilakukan secara rutin di PCC. Ini adalah kerja sama antara IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Sulsel dengan RSWS," tukas Kepala Subbag Humas dan Pemasaran RSWS, dr Siswanto Wahab, SpKK.

Siswanto menambahkan, PCC juga melayani pemeriksaan kesehatan pegawai di beberapa perusahaan BUMN. "Kita tidak membuka penerimaan member. Kebanyakan kita menjalin perusahaan-perusahaan, seperti PLN, Telkom, PT Vale Indonesia (Inco). Semua karyawannya diberi pelayanan Askes atau In Health untuk cek kesehatan di sini," jelasnya.

PCC juga membangun fasilitas untuk mendukung rumah sakit (RS) tersebut menuju RS berstandar international. "Namanya JCI (Joint Commission International). RSWS adalah satu dari tujuh rumah sakit di Indonesia yang ditunjuk oleh pemerintah," jelasnya.

Salah satu kriterianya, suasana di rumah sakit harus memberi kenyamanan bagi pasien. Tidak terkesan seperti rumah sakit pada umumnya, seperti tercium bau obat-obatan, dan hanya tersedia fasilitas untuk orang sakit.

"Di dalam PCC, kita siapkan beberapa fasilitas, seperti kafetaria, minimarket, klinik perawatan kulit, dan laboratorium. Untuk kebersihan, kita serahkan ke pihak ketiga yang punya teknologi khusus untuk menghilangkan bau khas rumah Sakit," tambah Kepala Instalasi PSS, Erwina Tandirerung.

Sementara Manager Marketing Awal Bros, Rony Rachim kepada FAJAR mengungkapkan, sebagai rumah sakit yang memiliki group di beberapa provinsi, pihaknya mengedepankan pelayanan ramah, kebersihan dan kenyamanan pasien dalam berobat.

"Kami memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti kateterisasi jantung, endoscopy, laparoscopy, dan medical chek up. Selain itu, ruang rawat inap di bagi menjadi Super VIP, VIP, kelas satu, dua dan tiga," kata Rony, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 19 September.

Fasilitas yang ditawarkan Awal Bros pada ruang super VIP dan VIP senyaman hotel. Tentu dengan fasilitas seperti pantry dilengkapi microwafe, televisi, sofa, ac, lemari es, dan lainnya.
"Untuk Super VIP terletak di lantai lima, enam dan tujuh. Selain menawarkan fasilitas juga pemandangan kota Makassar yang bisa dilihat dari ketinggian rumah sakit," tambahnya.

Lain lagi dengan rumah sakit yang masih terbilang baru, RS Siloam. RS yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga ini juga tak kalah mewahnya.

Chef Execetuve Officer RS Siloam, dr David Santoso mengatakan, pihaknya memberikan pelayanan berkualitas dan mengedepankan mutu pelayanan. Selain memiliki alat radiologi yang canggih, RS ini juga mengedepankan pasien safety alias aman dan nyaman. "Sebisa mungkin kami menciptakan suasana kondusif dan membuat pasien sangat nyaman layaknya berada di hotel," kata dr David.

Setiap kamar di RS Siloam dilengkapi jendela besar yang memungkinkan pasien bermandikan cahaya mentari sehingga memudahkan kesembuhannya. Selain itu, juga dilengkapi tensi dinding, hingga kamar yang dirancang ranjang tunggal demi kenyamanan pasien. (ulf-sbi)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...