Home » Wawancara » Wawancara Khusus

Selasa, 02 Oktober 2012 | 19:18:06 WITA | 1913 HITS
Direktur Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) Universitas Negeri Makassar (UNM), Eko Hadi Sujiono
Atasi Kekurangan Guru Melalui SM-3T

SARJANA pendidikan yang ingin menjadi guru PNS diwajibkan terlebih dahulu mengikuti Program Pendidikan Guru Terintegrasi (PPGT) sesuai SK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Namun, sebelumnya,  para sarjana pendidikan disarankan  menempuh program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T). Mengapa SM-3T amat penting?  Lebih jauh,  Direktur Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) UNM, Prof Dr H Eko Hadi Sujiono, M.Si mengulasnya dalam perbincangan bersama wartawati Harian Fajar, Dian Muhtadiah Hamna di ruang kerjanya di UNM, Senin, 1 Oktober.

Apa yang dimaksud program SM-3T?

Program SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia  selain dua program lainnya yakni PPGT  (Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi) dan PPG (Pendidikan Profesi Guru) Kolaboratif.

SM-3T sendiri merupakan singkatan dari Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Terdepan berarti berbatasan langsung dengan samudera lepas atau negara lain. Terluar yakni berbatasan langsung dengan provinsi/kabupaten lain dan Tertinggal sebagai wilayah yang rendah indeks pembangunan manusianya.

Bagaimana ide program SM-3T ini lahir?

Awal tahun lalu, kami tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berdiskusi mengenai disparitas tenaga guru dan kompetensinya yang tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, pertengahan tahun lalu, lahirlah program SM-3T ini untuk mengatasi kesulitan tenaga guru di daerah 3T.

Nah, maka 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dari 12 universitas eks IKIP dari berbagai wilayah seperti Makassar, Medan, Yogyakarta, Bali maupun Gorontalo diberi tugas merekrut alumni sarjana pendidikan dalam program PPG.

Siapa saja sasaran peserta SM-3T ?

Lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009,2010,2011,2012) dari program studi yang terakreditasi (kecuali PGPAUD dan PGSD minimal sudah memiliki izin operasional), yang sesuai dengan mata pelajaran atau bidang keahlian yang dibutuhkan.

Bagaimana sistem rekrutmennya?

Dilakukan di tingkat nasional dan LPTK. Untuk seleksi nasional dilakukan secara online dalam bentuk seleksi administrasi dan seleksi akademik. Seleksi akademik meliputi tiga aspek yakni tes potensi akademik, tes kemampuan dasar dan tes penguasaan kompetensi akademik di bidang keahlian. Sedangkan tingkat LPTK meliputi verifikasi dokumen dan wawancara.

Selama dua tahun berjalan, berapa peserta SM-3T?

Tahun lalu, peserta SM-3T dari UNM yang lolos seleksi sebanyak 339 orang dari 1.450 kuota nasional atau 12 LPTK. Tahun ini meningkat sebanyak 480 orang dari 2.950 kuota nasional atau  17 LPTK. Alhamdulillah, dalam seleksi nasional itu peserta yang lolos SM-3T, UNM yang terbesar karena memenuhi standar ujian dari Kemendikbud.

Namun perlu diingat, seluruh peserta yang lolos melalui jalur LPTK UNM, 80 persen adalah sarjana pendidikan UNM dan selebihnya dari perguruan tinggi lain.

Daerah mana saja yang dituju para peserta SM-3 T?

Ada delapan kabupaten dari tiga provinsi yakni provinsi Papua, Papua Barat dan NTT. Kabupatennya melingkupi Biak Numfor, Sumba Timur, Raja Ampat, Manokwari, Sorong, Teluk Bintuni, Waropen dan Manggarai Timur.

Apa saja yang dilakukan peserta SM-3T di daerah tersebut?

Selama setahun mereka mengabdi seperti mengajar mulai dari jenjang SD-SMA/SMK dan melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat di daerah 3T. Tujuan program ini memang untuk mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru yang tangguh dan mandiri.

Apa manfaat yang diperoleh bagi sarjana pendidikan mengikuti SM-3T?

Biaya hidup dan fasilitas ditanggung Kemdikbud. Setelah lulus SM-3T akan mendapat beasiswa mengikuti PPG Prajabatan selama satu tahun. Lulus dari PPG sudah bisa mengantongi sertifikat sebagai guru profesional dan mereka akan diutamakan untuk direkrut sebagai tenaga guru PNS. Kelak terangkat langsung mendapat gaji bulanan dan tunjangan profesi secara otomatis.

Apakah peserta SM-3T yang telah mengabdi di daerah terpencil itu ketika telah diangkat sebagai guru PNS kembali ditempatkan di daerah terpencil?

Belum tentu. Ini bergantung keputusan dari Kemendikbud. Bisa saja dia tetap di wilayah Sulsel atau di kota Makassar. Tapi kalau mereka memang mau mengabdi di daerah 3 T juga bisa. Program ini hanya mendidik sarjana pendidikan untuk memiliki mental yang tangguh dan mandiri ketika kelak mereka menjadi guru.

Olehnya, untuk mengantisipasi kekurangan guru di daerah 3T  diberikan beasiswa dari Kemdikbud untuk dididik di UNM  sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Jumlahnya sekarang untuk dua angkatan kurang lebih 130 orang dengan jurusan PGSD dan administrasi perkantoran. (*/nin)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...