Home » Wawancara » Laporan Khusus

Senin, 29 Oktober 2012 | 00:19:06 WITA | 1645 HITS
Sidrap Lumbung Narkoba

KABUPATEN Sidrap dulunya dikenal sebagai daerah penghasil beras, telur, dan ayam callege (ketawa). Singkatnya dikenal dengan daerah Lumbung Beras. Belakangan, stigma positif ini bergeser. Sidrap kini lebih dikenal dengan sebutan lumbung narkoba. Menjadi pusat peredaran narkoba di Sulsel.

ADA tiga penangkapan terakhir yang erat kaitannya dengan daerah ini. Yang teranyar, ketika pengungkapan 1,1 kilogram narkotika jenis sabu-sabu di Jalan Racing Centre, akhir September, lalu. Barang tersebut adalah milik, Grn alias Deni.

Dari informasi yang diperoleh, Grn dikenal pemain baru dalam bisnis narkoba. Berbeda dengan dua orang rekannya yang diamankan sebelumnya. Yaitu, Elr, dan Amri. Keduanya adalah residivis yang menjalin pertemanan sejak di Lapastika Bolangi.

Setelah lepas dari balik jeruji, mereka terus bersama, berkembang menjadi jaringan yang cukup besar. Dari ketiga nama ini, informasi yang diperoleh, Amri, disebut-sebut sebagai pemilik modal. Sementara, Grn berperan sebagai pengelola dan Elr adalah kurir.

Menarik benang merah dari ketiga orang ini, nama Elr memiliki keterkaitan dengan jaringan bandar narkoba lintas daerah yang membelit seorang perwira berpangkat AKP, yaitu, Aulia Nasution. Juga, ada tiga nama lainnya, seperti Sdrm, Sdd, dan Dg Tp.

Ala dan Sdd, berperan sebagai penghubung antarpengedar, sekaligus penghubung salah satu pengedar narkoba di Sidrap lainnya, yaitu, Sdrm, lain dari Sdrm sebelumnya. Satu nama lain masih harus dirahasikan demi kepentingan penyelidikan.

Salah satu penangkapan lainnya adalah upaya penyelundupan 1 kilogram sabu-sabu dan 1000 butir ekstasi, yang dilakukan Andi Muhammad Ishak. Belum ada penjelasan resmi keterkaitan ketiganya dengan jaringan Sidrap. Namun sinyal ke arah itu memang ada.

"Pastinya adalah," kata, Kepala BNN Provinsi Sulsel, Kombes Richard Nainggolan, usai penyuluhan di SMA Katolik Cenderawasih, belum lama ini. Selain kedua penangkapan tersebut, sebelumnya kepolisian juga telah menangkap mantan anggota DPRD Sidrap, Guntur.

Putra tokoh masyarakat Sidrap bahkan Sulsel itu ditangkap di Makassar. Dua pekan sebelum tertangkap, petugas dari Ditresnarkoba Polda Sulsel terlebih dulu menangkap istri Guntur, di Sidrap. Rentetan  penangkapan ini menjadi sinyal kuat narkoba di Sidrap sudah tidak pandang bulu.

Peredaran narkoba sudah menyentuh semua level masyarakat dan kasta ekonomi di daerah itu. Isyarat bahwa pekerjaan rumah BNN ini harus segera mengungkap tokoh atau dalang dibalik peredaran narkoba di Sidrap.

Kombes Richard Nainggolan mengatakan berbasis data penangkapan dan survei BNN di Sidrap, angka pengguna atau intensitas peredaran memang lebih tinggi di banding daerah lain. Ini alasan Sidrap menjadi fokus prioritas BNN. Mantan Kapolres Lutim ini memberi isyarat, jaringan di Sidrap bisa jadi hanya satu. Tapi kaki tangan yang di lapangan yang cukup banyak.

Hasil penelusuran FAJAR, berhasil mengorek keterangan salah satu informan yang menyebut satu nama yang menjadi dalang di balik kasus narkoba di Sidrap. Dia adalah si bos besar berinisial Ash alias ATO. Nama boleh bergaya Jawa, tapi dia asli putra daerah.

Ash memiliki kolega hingga pangkat bintang. Ash dikabarkan pernah ditahan, tapi tidak lama kemudian dilepas. Informan FAJAR yang juga mantan bandar di Makassar menggaransi ATO sebagai bos dari sederet nama bos narkoba yang pernah mencuat di Sidrap dan Sulsel.

Sebagai bos besar, ATO sangat lihai. Perannya di peredaran sudah tidak terlihat lagi. Dia di belakang layar saja dan menggerakkan beberapa kaki tangannya. Di antaranya adalah Kple, Jml, PW alias Wwi, dan sedret nama lain.
Kple yang dulu santer disebut bandar besar tidak lain hanya kaki tangan ATO saja. Pasca-tertangkap beberapa tahun lalu, Kple kini tidak "bermain" lagi. Dia dotemukan lebih sering mengumpulkan rekapan togel.

Lalu, siapa pengganti peran Kple? Sumber media ini mengatakan, peran ini diambil Jml. Dia masih ipar dari ATO. "Orangnya tidak suka ribut. Dia lebih banyak bermain di belakang meja," terang sumber FAJAR. Bagaimana dengan nama-nama Sdrm yangbergandengan dengan Jhn? Sumber yang pernah mendekam di balik jeruji ini mengaku, nama-nama tersebut masih sel dari jaringan besar. (tim)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...