Wisata Bantaran Cinta Dipercaya Langgengkan Hubungan Asmara

GUNUNGKIDUL - Wisata air di Gunungkidul tak pernah kenal usang. Selalu saja muncul destinasi-destinasi baru yang bisa menjadi daya tarik wisatawan ke dataran tinggi di Tenggara Yogyakarta ini. Dan hebatnya juga, selalu ada yang nge-hits di destinasi itu di media sosial.  Kini, di wilayah Kedungkeris, Kecamatan Nglipar, Karang Taruna setempat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengembangkan wisata yang dipopulerkan dengan Bantaran Cinta (Bacin) Kali Oya.

Wisata Bantaran Cinta ini menyediakan wahana river tubing atau jelajah sungai Oya sepanjang sekitar 5 kilometer. "Di tengah perjalanan ada dua tempat pemberhentian berupa air terjun. Ada sajian air kelapa muda saat river tubing ini. Lalu keindahan panorama hutan kayu putih berikut situs manusia purba juga melengkapi pesona wisata alam itu," jelas Kepala Bidang Pemasaran dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Purnomo Sumardamto, Jumat, 7 April 2017. Menurut cerita warga setempat, aliran air Bantaran Cinta dipercaya bisa membuat awet muda. Bahkan konon juga diyakini melanggengkan hubungan asmara. Karenanya, wisatawan yang menikmati river tubing Bantaran Cinta ini semoga juga akan langgeng hubungan dengan pasangannya.

Kepala Desa Kedungkeris Murdiyanto mengutarakan bahwa wahana tersebut sebenarnya telah digagas sejak kurang lebih setahun lalu dengan melihat potensi sumber daya alam berupa air sungai setempat. Melalui tim ekpedisi Sepat Dumbo Kali Oya, wisata tersebut diharapkan bisa meningkatkan pemberdayaan generasi muda dan taraf perekonomian warga di masa mendatang.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...