Gajah Mada (3-selesai) Mualaf Sebelum Wafat, Katanya

  • Bagikan
Penampakan Gua Gajah Mada di Selayar, Sulawesi Selatan. (Foto: Rakhmat Zaenal/IST for FAJAR)

Kejutan terbaru menyebut sang pati Majapahit yang melegenda ini merupakan seorang muslim. Namanya pun disebut bukan Gajah Mada, melainkan Gajah Ahmada.

================== Oleh: Sidic Manggala Sulawesi Selatan ==================

Adalah Herman Sinung Janutama, pria asal Yogyakarta sekaligus penulis buku Fakta Mengejutkan: Majapahit Kerajaan Islam yang memaparkan hal tersebut. Hanya saja, nama "Gajah Ahmada" yang disebut Herman berbeda dengan nama yang viral di media sosial. Beberapa sumber menulis nama itu menjadi "Gaj Ahmada", lantas heboh di dunia maya. Herman telah mengklarifikasi terkait penulisan nama "Gaj Ahmada" yang viral. Klarifikasinya dapat disimak di Youtube, yang diunggah oleh akun Patih Gadjah Mada. Video tesebut diunggah pada 19 Juni 2017, dengan menyertakan keterangan bahwa Herman Sinung Janutama penulis buku Kesultanan Majapahit 'diadili' di Kantor Muhammadiyah Kota Yogyakarta berkaitan dengan isu viral Gaj Ahmada. Herman mengaku tak pernah menyebut Gajah Mada sebagai Gaj Ahmada. Nama yang ia sebut sebenarnya adalah "Gajah Ahmada", seperti yang ia posting di Facebook sebelum video klarifikasinya beredar. Patih Gadjah Mada mengunggah dua video terkait hal ini, yakni video berjudul Epistemologi Kawi Gadjah (ah)mada dan Metodologi Penulisan Sejarah Gajah (ah) mada.  

Epistemologi Kawi Gadjah (ah)mada

https://www.youtube.com/watch?v=tGCMb4iGlWE  

Metodologi Penulisan Sejarah Gajah (ah) mada

https://www.youtube.com/watch?v=yizr-3t8yZo   Dalam video, Herman tampil santai dengan rambut dikuncir plus kacamata bening. Badannya dibungkus setelan hoodie jumper loreng. Perekam mengabadikan momen dari kiri Herman.

  • Bagikan