Pemudik yang Lewat Pelabuhan Bakauheni, Harus Tau Hal Ini…

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG – Puncak arus balik diprediksi jatuh pada H+5 atau pada Sabtu (1/7) malam, seiring habisnya masa cuti bersama dan masa libur sekolah yang berakhir, Minggu (2/7).

“Pegawai swasta, pegawai negeri dan anak sekolah kan semua masuk pada hari Senin (3/7). Jadi diprediksi Sabtu (1/7) itu puncaknya,” papar manajer operasional PT. Angkutan Sungai Danau Penyebrangan (ASDP) selaku pengelola pelabuhan Bakauheni, Sugeng Purwono.

Nah, untuk antispasi itu, Sugeng menjelaskan jika pihaknya akan mengoprasikan 34 loket tiket. Itu terbagi menjadi dua yakni roda empat dan roda dua.

Khusus untuk sepeda motor ASDP Bakauheni disiagakan untuk 14 loket, 7 loket diantaranya merupakan loket portabel.

“Untuk mobil pribadi disediakan 17 loket yang terdiri dari 8 loket exiting, dua loket eks bufferzone dan 7 loket portabel,” jelas Sugeng.

Untuk pejalan kaki, ASDP Bakauheni akan menyiagakan 14 loket, namun sebanyak 14 loket itu baru akan disiagakan secara situasional apabila dirasa jumlah penumpang membludak.

Sementara dari data yang dilansir ASDP pelabuhan Bakauheni pada Senin (26/6) atau hari HH hingga Selasa (27/6) H+1 pukul 08.00 wib sebanyak 44. 479 penumpang dari 114 trip perjalanan kapal.

Rinciannya, sebanyak 9.337 pejalan kaki, kemudian 35.142 orang dalam kendaraan yang terdiri dari 3.459 unit motor, 5.607 unit mobil pribadi serta 127 bus.

Untuk truk sebanyak 181 unit kendaraan sehingga total 8.854 unit kendaraan yang menyebrang menuju Pulau Jawa.

Sementara pantauan Radar Lampung (Jawa Pos group) di Jalinsum menuju pelabuhan Bakauheni terjadi kemacetan sekitar 500 meter di desa Sidomulyo tepatnya di pertigaa menuju destinasi wisata pantai Suak, Sidomulyo, Lamsel.

Hal itu dikarenakan banyaknya wisatawan yang hendak masuk menuju pantai tersebut.

Sementara kemacetan juga terjadi di Jalinsum saat memasuki desa Merak Belantung juga lantaran adanya kepadatan diarea wisata pantai Krakatoa Resort. Berdasarkan pantauan sejumlah petugas kepolisian berusaha mengurai kemacetan. (Fajar/jpnn)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...