Diprediksi 110 Ribu Mobil Lintasi Tol Cikampek pada Puncak Arus Balik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+5 atau Sabtu (1/7/2017). Pada hari itu diperkirakan jumlah mobil melintas di Pintu tol Cikampek Utama mencapai 110 ribu unit.

“Kendaaraan yang masuk di tol Cikarang Utama diprediksi oleh Jasa Marga sebanyak 110.900,” ujar Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk‎, Dwimawan Heru Santoso di Jakarta, Kamis (29/6).

Sementara untuk H+6 yaitu hari Minggu (2/7)‎, Jasa Marga memprediksi volume kendaraan akan menurun menjadi 110.800. Kemudian untuk prediksi Jasa Marga pada H+4 ini akan ada kendaraan sebanyak 105.900.

Dwimawan mengungkapkan, Jasa Marga terus melakukan upaya mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran 2017, sejak H+1 lalu. Mulai dari menyiapkan penambahan gardu di Cikarang Utama menjadi 31 gardu; mensiagakan petugas di lokasi rawan kepadatan; serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas melalui pengalihan lalin maupun contra flow pada km 69A- km 61A.

“Itu untuk mengurai kepadatan akibat pertemuan lalin dari Cileunyi dan Palimanan (km 66) serta Km 29A-Km 21A untuk mengurangi antrean di gerbang tol Cikarang Utama,” katanya.

Dia mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta. Seban sejak (30/6) pada pukul 00.01 WIB angkutan barang atau truk sudah dapat kembali beroperasi.

Meskipun demikian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menghimbau penundaan operasional angkutan barang jika memang memungkinkan.

Sementara, penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tol juga dapat mempercepat waktu transaksi di gerbang tol, untuk itu diimbau kepada pengguna jalan untuk menggunakan uang elektronik untuk transaksi tol dan dapatkan diskon 20 persen selama periode arus balik yaitu H+4 sampai dengan H+6 (30/6 – 2/7). (cr2/jpg)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...