Ikut Rombongan Arus Balik, Seorang Ibu Terpaksa Melahirkan di Jalan

Minggu, 2 Juli 2017 - 19:12 WIB

FAJAR.CO.ID- Insiden tak biasa terjadi saat arus balik para pemudik yang melintas di ruas Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat. Salah seorang penumpang bus hendak melahirkan. Alhasil, bus yang ditumpangi perempuan itu menepi di bahu jalan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, insiden ini terjadi pada pukul 13.17 WIB, Minggu (2/7). Ketika itu, Bus Kiara Mas mendadak berhenti di pinggir Tol Cipali kilometer 82 di wilayah Purwakarta, Jawa Barat.

“Bus itu berhenti lantaran ada seorang penumpangnya yang mengalami kontraksi, hendak melahirkan bayinya,” kata Rikwanto, Minggu (2/7).

Kemudian Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman yang kebetulan melintas di lokasi untuk melakukan pemantauan arus balik melihat bus itu berhenti. Akibatnya laju kendaraan lainnya tersendat.

“Saat dilihat oleh Kasat Lantas, ternyata ada seorang ibu yang tergeletak di pinggir jalan hendak melahirkan,” sambung dia.

Melihat hal itu, Arman kemudian mengambil tindakan untuk membantu ibu bernama Sukiati (43) yang merupakan warga Desa Tulis Selo Piro RT 03/03 Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu menuju rumah sakit.”

Ibu Sukiati tidak ditemani oleh keluarganya, sehingga dibantu oleh AKP Arman,” tambah dia.

Dibantu penumpang lainnya, Arman lantas menggotong Sukiati ke dalam mobil dinasnya. Namun, karena kondisi arus lalu lintas cukup padat dan jarak tempuh ke rumah sakit cukup jauh, Sukiati akhirnya melahirkan di jalan.

Sukiati dan bayinya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Siloam, Purwakarta. “Bayinya berjenis kelamin perempuan, sudah lahir,” lanjutnya.

Saat ini, Sukiati bersama bayinya masih dirawat di RS Siloam. “Kondisi Sukiati dan bayinya dalam keadaan sehat,” tukas mantan Kapolres Klaten ini. (elf/JPG)

loading...