Pileg 2019, DPRD Sulawesi Utara Berpeluang Tambah 10 Kursi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, KNEDARI — Besar peluang jumlah Anggota DPRD Sulawesi Utara bertambah pada pemilu legislatif 2019, melihat jumlah penduduk di daerah tersebut meningkat seiring berjalannya waktu.

Ketua Komisi I DPRD Sultra, Taufan Alam, justru menganggap aneh jika pemilu 2019 nanti jumlah kursi DPRD Sultra tetap pada perolehan 45 kursi. “Sekian lama sejak kita menjadi provinsi, jumlah kursi DPRD Sultra tetap 45 kursi,” ujar Taufan Alam kepada Kendari Pos (FAJAR Group).

“Masa dari dulu jumlah penduduk tetap, sementara kita bisa melihat jumlah penduduk Sultra mulai meningkat seiring berjalannya waktu,” tuturnya.

Menurut Taufan, berdasarkan hasil rapat dengan Disdukcapil, dapat disimpulkan jumlah penduduk Sultra sudah mencapai angka tiga juta lebih. Namun karena belum ada proses pemutakhiran data penduduk jadi belum bisa dipastikan jumlahnya.

“Kita minta secepatnya Disdukcapil memutakhiran data, sehingga jika memang jumlah penduduk sudah mencapai angka tiga juta lebih sebelum memasuki pemilu 2019, KPU Sultra bisa menetapkan kenaikan alokasi kursi DPRD Sultra dari 45 kursi menjadi 55 kursi,” sebut Taufan.

Taufan meyakini bahwa kursi DPRD Sultra akan bertambah pada Pemilu 2019.

“Jika mengacu dengan Undang-Undang (UU) Nomor 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD, pasal 23 poin c alokasi kursi kita akan mencapai 55 kursi,” kata Taufan.

Untuk diketahui, pasal 23 poin b berbunyi, provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 1.000.000 (satu juta) sampai dengan 3.000.000 (tiga juta) orang memperoleh alokasi 45 (empat puluh lima) kursi. Sedangkan poin c, provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 3.000.000 (tiga juta) sampai dengan 5.000.000 (lima juta) orang memperoleh alokasi 55 (lima puluh lima) kursi.

(yog/b/kendaripos/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment