Cucu Habibie Dipanggil Gabung Timnas U-19

Kamis, 6 Juli 2017 - 11:50 WIB

FAJAR.CO.ID — Pada training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Bali, Indra Sjafri, sang pelatih, memanggil empat pemain Indonesia yang tampil di luar negeri.

Keempat pemain yang dipanggil adalah Nicholas Pambudi (Spanyol), Samuel Christianson (Spanyol), Syahrian Abimanyu (Spanyol), dan Rafid Habibie (Italia). Nama terakhir yang disebut merupakan cucu BJ Habibie, mantan Presiden RI.

“Semua potensi akan kami tampung, saya sudah lihat ke semua provinsi, mereka dari luar negeri juga punya kesempatan,” ujar Indra kemarin (5/6/2017).

Pemanggilan keempat pemain tersebut berdasarkan rekomendasi kolega sang pelatih, baik di dalam dan luar negeri. ”Nanti kita lihat kemampuan mereka di uji coba,” lanjut Indra.

Saat ini Timnas U-19 tengah mempersiapkan diri turun AFF U-18 Youth Championship di Myanmar 4-17 September mendatang. Tercatat dua uji coba dalam waktu dekat sudah disiapkan PSSI untuk Rachmat Irianto dkk, yakni menghadapi Persewangi (9/7/2017) dan Espanyol (14/7/2017).

Pada 7 Juli mendatang, Timnas U-19 bakal bertolak ke Banyuwangi untuk menghadapi Persewangi. Setelah itu, pada 14 Juli nanti mereka akan menjalani international friendly match menghadapi Espanyol, salah satu klub Liga Spanyol.

Wide Putra Ananda, asisten manajer Timnas U-19 menjelaskan bahwa untuk uji coba kali ini, sudah berkoordinasi cukup matang. ”Dua uji coba itu juga bagian dari rangkaian pembentukan tim inti nantinya,” sebut Wide saat dikonfirmasi Jawa Pos (FAJAR Group).

Wide menjelaskan, setidaknya ada tiga pemain yang kini dilepas untuk memperkuat klubnya. Mereka adalah Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Nurhidayat Haji Haris (PSM Makassar), dan Rifad Marasabessy.

”Mereka kami izinkan memperkuat klubnya, selanjutnya nanti akan bergabung kembali dengan Timnas U-19 saat di Banyuwangi atau di Bandung jelang melawan Espanyol,” urainya. Kebijakan ini diberikan karena klub pemain yang bersangkutan juga membutuhkan tenaga para pemain.

Tiga pemain tersebut merupakan pilar penting di jantung pertahanan Indonesia. Rachmat dan Nurdihayat kerap menjadi pilihan Indra Sjafri di posisi bek tengah. Sedangkan Rifad menempati posisi penting di bek kanan Timnas U-19. (jpg/fajar)