Setnov Belum Jadi Tersangka, Ini Kata KPK

Jumat, 7 Juli 2017 - 16:17 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum bisa menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP. Statusnya hingga kini masih menjadi saksi walaupun sempat dipanggil penyidik dan disebut dengan jelas di persidangan Tipikor.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah, sejatinya tak hanya Novanto yang dipanggil berulang kali. Namun, apakah seseorang tersebut berpotensi sebagai tersangka atau tidak, pihaknya tidak bisa berbicara spesifik.

“Kita hanya bisa menyampaikan informasi ketika sudah ada yang jadi tersangka berdasarkan bukti permulaan cukup. Kita tidak berandai-andai siapa yang potensial jadi tersangka,” ujarnya di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (7/7).

Febri menjelaskan, dalam pengembangan perkara, adanya tersangka baru adalah tindaklanjut atau konsekuensi, sepanjang memang ada bukti permulaan yang cukup.Minimal dengan dua alat bukti.

“Begitu ada dua alat bukti yang cukup, begitu ekspose itu disetujui dan disepakati artinya itu cukup yakin karena KPK perlu bekerja secara pruden dan maksimal dalam setiap kasus maka akan ditingkatkan,” jelasnya.

Lantas bagaimana soal pernyataan Ketua KPK Agus Rahardjo soal akan ditetapkannya tersangka baru kasus korupsi e-KTP? “Informasi lebih lanjut akan kami informasikan hasil dari proses pengembangan tersebut,” pungkasnya. (Fajar/JPG)