Mendagri Tegaskan Perppu Ormas Tidak Terbit Mendadak – FAJAR
Nasional

Mendagri Tegaskan Perppu Ormas Tidak Terbit Mendadak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang perubahan atas UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas). Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pemerintah tidak mengeluarkan Perppu tersebut secara mendadak.

“Saya kira pemerintah di dalam mengusulkan Perppu yang nanti akan dibahas DPR ini tidak dadakan,” kata Tjahjo dalam wawancara melalui teleconference dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (15/7).

Tjahjo mengungkapkan, terbitnya Perppu tentang Ormas itu telah melalui berbagai kajian. Di antaranya, melihat dinamika yang terjadi di masyarakat, mendengar masukan berbagai pihak, serta mengundang pakar agama, hukum maupun sosial.

Tjahjo menjelaskan, ormas memang telah dijamin UUD 1945 dan disahkan oleh negara. Namun, negara memiliki aturan tidak boleh meninggalkan Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Kebhinekaan. “Ini yang menjadi prinsip,” jelas Tjahjo.

Saat ini, kata Tjahjo, pemerintah masih menunggu pembahasan Perppu itu di DPR. Menurut dia, terbitnya Perppu itu bukan hanya kenginan pemerintah semata, melainkan bentuk tanggung jawab merespons usulan berbagai pihak.

“Sekarang pemerintah sudah menyerahkan ke DPR, maka DPR harus arif dan bijaksana mencermati apa yang diusulkan pemerintah itu,” ujar politikus PDI-P tersebut.

“Perppu mekanismenya di DPR. Ada UU yang dibahas pemerintah dan DPR kemudian pemerintah berhak untuk dipertimbangkan kembali,” tambahnya. (Fajar/JPG)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!