Hanya 7 Km dari Balikpapan, 23 Tahun Kampung Ini Tanpa Aspal dan Listrik

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN -- Kampung ini dinamai Sloklai. Kampung yang seakan tak merasakan remah kemajuan kota, padahal hanya berjarak tujuh kilometer dari Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur.

Walau terhitung dekat dari keramaian, rasanya sulit sekali menginjakkan kaki di sana. Tak ada akses jalan membuat orang harus susah payah jika keluar atau masuk Kampung Sloklai. Posisi tepatnya berada di RT 9, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kaltim Post (FAJAR Group) bertamu ke kampung ini pada Rabu siang (19/7/2017). Masuk dari Jalan Rawamangun, kendaraan hanya bisa melewati track mulus sepanjang satu kilometer. Batas jalan beraspal ini hanya sampai Pondok Pesantren Gema Rahmatullah. Letaknya dekat dengan Danau Cermin Lamaru yang masuk RT 7 Kelurahan Lamaru.

Setelah melewati pondok pesantren, terhampar jalur yang bukan main sulitnya. Lahan sangat gersang melewati perbukitan tanpa ada pengaman atau pembatas jalan. Padahal, di sisi kiri dan kanan masih terdapat jurang tinggi. Kebanyakan lahan ini merupakan perkebunan karet dan buah.

Jalanan menanjak dan turunan curam yang tak mulus ini tentu membahayakan. Karena akses jalan yang tak memadai, makan waktu agar bisa melintas dengan selamat. Belum lagi, lelah terasa dua kali lipat. Setelah menerjang tanah liat sepanjang 3 kilometer, baru merasa jalur yang mulus setelah tiba di RT 9. Jalanan sudah dilapisi agregat bebatuan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...