Akademisi: Masih Ada Peluang RMS-NA Berpaket

Jumat, 21 Juli 2017 - 20:22 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jika ternyata bakal calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL), benar-benar memilih Andi Mudzakkar alias Cakka sebagai pasangan wakilnya, maka peta politik Pilgub Sulsel 2018 diprediksi akan langsung berubah.

Kandidat wakil Ichsan YL yang lain, yakni Rusdi Masse (RMS) bisa saja banting setir mencari pasangan sendiri, termasuk berpasangan dengan Bupati Bantaeng dua periode, Nurdin Abdullah (NA).

Penilaian tersebut diungkapkan pengamat sosial politik, Dr Adi Suryadi Culla, Jumat (21/7/2017) di Makassar.

Dia mengatakan, kendati RMS telah menyatakan diri siap mendukung IYL walau bukan dirinya yang dipilih sebagai cawagub IYL, namun DPP Partai NasDem yang notabene adalah pimpinan RMS tentu menginginkan hal-hal lain, dan yang bisa menguntungkan partai NasDem kedepan dari sisi elektoral.

“Masih sangat cair. Masih banyak kemungkinan bisa terjadi. Ini politik. Semua bisa bilang tidak bisa itu gabung antara RMS dan NA, tapi sekali lagi semua bisa terjadi. Politik ini masih sangat cair,” beber Adi Suryadi Culla.

Apakah RMS sebagai 01 dan NA jadi 02 atau sebaliknya, menurut akademisi Unhas ini semua mungkin.

“Semua bergantung pada komunikasi yang dibangun antara pihak RMS dan pihak NA,” ujar Adi.

Sebelumnya, Dr Iqbal Sultan, juga akademisi Unhas beberapa bulan lalu pernah menegaskan di media media bahwa jika NA dan RMS bisa menyatu, itu adalah kekuatan besar dan dahsyat untuk kontestasi Pilkada Gubernur Sulsel 2018 mendatang. (fajar)