Aneh! Bayi Ini Ditemukan Hamil Sesaat Setelah Dilahirkan, Kok Bisa?

Selasa, 1 Agustus 2017 - 16:07 WIB

FAJAR.CO.ID – Tim dokter yang membantu persalinan seorang bayi laki-laki di Kota Mumbra, Provinsi Maharashtra, India, dibuat kaget bukan main. Bayi tersebut sejatinya lahir dengan sehat, namun kondisi yang amat langka ditemukan pada bayi itu.

Di dalam perut sang bayi, tumbuh janin sepanjang tujuh centimeter, berikut otak, lengan dan kaki. Janin tersebut ditengarai merupakan saudara kembar si bayi.

Menurut catatan medis, insiden langka tersebut dinamakan Fetus in fetu, yakni kelainan di mana janin bayi tumbuh di dalam tubuh saudara kembarnya.

Dokter kemudian berinisiatif untuk melakukan operasi pengangkatan janin. Sebab jika tidak, janin tersebut dapat menjadi parasit yang menyedot suplai darah sang bayi, serta dapat tumbuh menjadi lebih besar.

Tim dokter yang membantu operasi sang bayi – Newslions/SWNS.com

“Ini adalah kasus kehamilan kembar monozigot yang berbagi satu plasenta, di mana salah satu janin tumbuh di dalam tubuh janin lainnya,” ujar seorang Ginekolog, Dr Neena Nichlani, dilansir dari Mirror, Selasa (1/8).

Usai operasi sukses dilakukan, sang bayi kemudian dirawat di Rumah Sakit Titan di Thane, India. Ibu serta buah hatinya itu dipastikan sehat.

“Kondisi bayi itu sehat, dan sang ibu sudah bisa memberinya ASI,” tambah Dr Nichlani.

Rupanya, kejadian ini pertama kali diketahui sebelum sang bayi lahir. Seorang ahli radiologi yang menangani kehamilan ibu sang bayi, Dr Bhavna Thorat, menemukan kejanggalan saat pemeriksaan kehamilan rutin di Bilal Hospital, Mumbra, pertengahan Juli lalu.

“Saya bisa melihat tulang anggota tubuh janin lain di dalam tubuh sang bayi saat pemeriksaan. Namun, ia tidak memiliki tulang tengkorak,” ujar Dr Thorat. (riz/fajar)