Dirut PT IBU Resmi Ditahan, Ini Penjelasan Polisi!

Rabu, 2 Agustus 2017 - 12:50 WIB
Beras Maknyuss yang diduga Polisi dan Kementan merupakan oplosan. (Foto: GUNAWAN WIBISONO/JAWAPOS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktur Utama PT Indo Beras Unggul (IBU) berinisial TW resmi berstatus tersangka usai menjalani pemeriksaan pada Selasa malam (1/8/2017). Polisi menahan TW untuk proses hukum selanjutnya.

“Ya kemarin kita tetapkan sebagai tersangka dan kemudian kita tahan hari ini. Mulai berlaku kita tahan hari ini,” kata Kabag Penum Polri, Kombes Matinus Sitompul, di Mabes Polri, Rabu (2/8/2017).

Pihak Mabes Polri akan merilis perkembangan kasus yang melibatkan produsen beras Maknyuss dan Ayam Jago itu, termasuk menjelaskan rincian terkait alasan penahanan terhadap TW.

“Nanti akan secara lengkap kita jelaskan. Apa saja peran yang bersangkutan. Kemudian pelanggaran-pelanggaran​ undang-undang apa saja yang dilakukan yang bersangkutan,” papar Martinus.

Sebelumnya, Mabes Polri telah memeriksa 15 saksi terkait kasus pelanggaran​ terhadap undang-undang pangan di PT IBU. Pihak kepolisian juga telah melakukan gelar perkara sebelum menetapkan Dirut PT IBU berinisial TW sebagai tersangka.

“Kita sudah melakukan beberapa pemeriksaan terhadap 15 orang saksi. Kemudian kita gelar perkara kasus tersebut,” jelas Matinus Sitompul.

PT IBU dianggap bertanggungjawab terhadap praktek-praktek dugaan kecurangan dan pelanggaran-pelanggaran​ terhadap UU Pangan. Pihak Mabes Polri juga telah melakukan penggerebekan di salah satu lokasi gudang PT IBU beberapa waktu lalu. (rus/rmol/fajar)