Dua Pelaku Diringkus, Polisi Kejar Dalang Pembakar 10 Sekolah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PALANGKARAYA  —  Pelaku pembakaran sejumlah sekolah di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berinisial S dan F alias U alias O berhasil diringkus polisi.

Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Anang Revandoko, mengatakan, para pelaku yang tertangkap mengaku hanya ditugaskan untuk membakar sejumlah sekolah.

Otak pembakaran masih dalam pengejaran. Motif pembakaran tersebut belum diketahui.

Dalam beberapa pekan terakhir, sudah sepuluh sekolah dasar dibakar di Palangka Raya.

Orang tua murid dan guru tidak bisa tenang melihat tempat belajar buah hatinya satu per satu mengalami kebakaran.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra, mengatakan, pembakaran sekolah merupakan perbuatan yang sangat keji dan tidak bertanggung jawab.

“Kita tentu kecewa mendengarnya. Kami menyesalkan dan mengutuk perbuatan keji yang tidak berprikemanusiaan terhadap sendi-sendi pendidikan,” ujar Sutan Adil saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (1/8/2017).

Menurut Sutan Adil, jika sudah menyangkut sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di tengah kesulitan anggaran negara, perbuatan tersebut tidak bisa ditoleransi.

Pembakaran sekolah, kata dia, berdampak pada menurunkan mutu pendidikan. “Apalagi anggaran defisit. Begitu dirusak, ini mau menghancurkan SDM bangsa terutama di Palangka Raya,” sambungnya.

Karena itu, Adil berharap supaya pelaku pembakaran sekolah itu diberi hukuman seberat-beratnya. Apapun alasannya, karena dia telah merenggut hak anak Indonesia dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

“Tentu harus dihukum seberat-beratnya agar tidak terulang lagi,” pungkas politikus Partai Gerindra itu.

(dna/jpc/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...