OTT Terus Menjerat, ICW Sebut Jaksa Agung Kurang Kredibel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai Jaksa Agung HM Prasetyo telah gagal dalam memimpin Korps Adhyaksa.

Penelitian ICW, Emerson Yuntho mengatakan, tertangkapnya Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep dalam operasi OTT hari ini (2/8), lagi-lagi menampar wajah Kejaksaan Agung.

‎"Performa Jaksa Agung yang sekarang (HM Prasetyo) enggak kredibel, jadi ini (OTT ke Jaksa) akan terus‎‎‎ terjadi ," ujar Emerson kepada JawaPos.com, Rabu (2/8).

Seharusnya, kata Emerson, setiap kali korupsi atau suap yang menyeret anak buahnya, Prasetyo harus meningkatkan pengawasan. Sehingga, tidak ada persepsi miring dari masyarakat terhadap lembaga yang dipimpinnya.

"Karena Kejaksaan ini sangat rentan dengan korupsi, jadi pengawasaan dan pembinaan harus diperbaiki," pungkasnya.

Sebelumnya, Tim Satgas Penindakan KPK dikabarkan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Pamekasan, Madura, Jatim Rabu (2/8) pagi.

Dalam operasi senyap tersebut, tim berhasil mengamankan Kepala Kejaksaan Negeri Pamekasan berinisial RI.

RI ditangkap bersama lima pihak lain yang diduga turut serta melakukan tindak pidana suap menyuap tersebut. Penangkapan dilakukan di berbagai tempat terpisah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, uang suap senilai ratusan juta tersebut, diduga dilakukan untuk mengakali perkara perkara alokasi dana desa (ADD) Kabupaten Pamekasan Tahun Anggaran 2015-2016, yang sedang ditangani pihak Korps Adhyaksa tersebut. (cr2/jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...