Abu Sinabung Selimuti 5 Kecamatan, BPBD Karo Bagikan Dua Ribu Masker

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, KARO — Abu vulkanik dari Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, masih terus menyelimuti pemukiman warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ‎(BPBD) Karo meresponsnya dengan membagikan masker kepada warga, khususnya anak-anak sekolah, Kamis pagi (3/8/2017).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo‎, Natanail Peranginangin, mengatakan, tercatat abu vulkanik menyelimuti pemukiman warga di lima kecamatan, seperti Kecamatan Payung, Simpang Empat, Naman Teran, Tiga Nderket, dan Kabanjahe.

“Ini akibat erupsi yang terjadi sejak Rabu kemarin. Total ada dua ribu masker yang kami bagikan,” katanya seperti dikutip dari RMOLSumut (FAJAR Group), Kamis (3/8).

Natanail menambahkan, selain membagikan masker kepada warga, pihaknya juga melakukan pembersihan abu vulkanik dari atap-atap rumah warga, sekolah dan pada tanaman di ladang mereka. “Kami bekerja sama dengan pihak terkait seperti pemadam kebakaran,” ujarnya.

BPBD Karo kembali mengingatkan agar seluruh masyarakat menjauhi zona merah dibawah kaki Sinabung. Hal ini untuk mencegah munculnya korban akibat erupsi yang selalu disertai dengan luncuran awan panas. (rgu/rmol/jpnn/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...