Nyanyikan “Indonesia Raya” Tiga Stanza, Murid SD “Nyontek” di Kertas – FAJAR –
Pendidikan

Nyanyikan “Indonesia Raya” Tiga Stanza, Murid SD “Nyontek” di Kertas

ILUSTRASI. (Foto: JPNN)

FAJAR.CO.ID, PALEMBANG — Kebijakan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza (tiga bait) saat upacara membuat guru dan murid-murid kewalahan.

Seperti yang terjadi pada apel upacara di SDN 129 Kota Pelembang, kemarin (2/8/2017) ketika Mendikbud, Muhadjir Effendy, hadir langsung dan bertindak sebagai pembina upacara.

Sebelum menyampaikan amanat upacara, Muhadjir bersama siswa dan guru SDN 129 Kota Palembang menyayikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Sebagian siswa terlihat menyanyikan lagu karya W.R. Soepratman itu dengan membaca teks di selembar kertas. Sebagian siswa lagi, khususnya tim paduan suara, sudah hafal lagu Indonesia Raya versi komplit itu.

“Alhamdulillah banyak yang sudah hafal. Bahkan lebih hafal dari menterinya,” kata Muhadjir dalam amanatnya.

Kedatangan Muhadjir ke SD Negeri 129 ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan dalam kegiatan konsolidasi jajaran pendidikan dan launching penguatan pendidikan karakter provinsi Sumsel di Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Muhadjir mengingatkan soal kewajiban menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza setiap upacara bendera Senin.

Dia menegaskan, seluruh sekolah wajib menggelar upacara bendera, termasuk membaca Pancasila, teks proklamasi, dan pengibaran bendera Merah Putih.

Muhadjir mengatakan, Kemendikbud memang sengaja mewajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara komplit, supaya anak-anak bisa mengetaui versi utuh lagu itu.

Selain itu, di stanza kedua dan ketiga juga penuh semangat cinta tanah air dan penumbuhan karakter.

“Untuk acara-acara formal tetap satu stanza tidak apa-apa. Khusus upacara bendera Senin wajib tiga stanza,” tegas mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

Menteri kelahiran Madiun, 29 Juli 1956 itu juga berpesan kepada siswa supaya belajar dengan tekun dan keras.

“Sebab kemajuan Indonesia, Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang ada di pundak kalian,” katanya. Muhadjir mengatakan semua siswa adalah juara. Ada yang juara kelas, juara ekstra kurikuler, dan juara bidang-bidang lain sesuai minat dan bakat masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, mengatakan, siap menjalankan instruksi menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Untuk melatih supaya siswa cepat hafal, banyak sekolah yang sudah memiliki CD berisi nyanyian lagu Indonesia Raya versi komplit.

Dia berharap seluruh sekolah menjalankan instruksi ini dengan baik. “Karena tujuannya baik. Untuk memupuk rasa cinta tanah air dan jiwa patriotisme,” katanya. (wan/fajar)

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!