Makassar Terapkan Parkir “Online” dengan Aplikasi “Jukir”

Senin, 7 Agustus 2017 - 11:57 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera menerapkan sistem parkir berbasis online. Sistem ini diyakini mampu menekan kebocoran pendapatan daerah.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, mengatakan, pihaknya telah menandatangani MoU pengelolaan parkir online dengan PT Trisinergi Global Resourches tentang pengelolaan parkir berbasis aplikasi Jukir dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di Hotel Mulya, Jakarta Pusat.

“Kami juga bekerja sama dengan Bank Sulselbar. Jadi, apapun bentuk transaksi yang bersifat setoran itu langsung terekam, ada kwitansinya. Hal ini menjadi mutlak dan akan diberlakukan pada setoran-setoran pendapatan tunai, namun setoran sudah cashless (tanpa uang tunai),” ucap Danny diberitakan Rakyat Sulsel (FAJAR Group), Senin (7/8/2017).

Diharapkan, dengan pemanfaatan aplikasi Jukir kedepan, menjadi acuan pelaksanaan program Pemkot Makassar dalam peningkatan PAD.

“Sistem aplikasi ini akan diterapkan di berbagai instasi lingkup Pemkot Makassar. Selain pada PD Parkir, juga PD Pasar, PD Terminal, dan PDAM, serta segala yang bersentuhan dengan setoran pendapatan. Sehingga, sistem pendapatan lebih transparan dan menekan kemungkinan kebocoran,” jelasnya.

Sementara, Dirut PD Parkir Makassar Raya, Muh Irianto Ahmad, yang juga terlibat dalam penandatanganan MoU tersebut, menjelaskan, hal itu sangat bermanfaat utamanya dalam memaksimalkan pendapatan. Jika akuntabilitas baik, pendapatan pun bisa maksimal.

“Khusus di PD Parkir, selama ini kadang kita bingung kemana ini uang, padahal banyak mobil dan motor yang parkir. Dengan sistem ini, tentu per titik dan per detiknya kita bisa kontrol pemasukan,” terangnya.

(rakyatsulsel/fajar)