Mengesankan, Begini Taktik Jitu Marquez hingga Juara di Brno

FAJAR.CO.ID, BRNO -- Taktik jitu Tim Repsol Honda pada balapan di Brno, tadi malam (6/8/2017), berujung mengesankan. Dengan sangat cerdik, mereka menarik Marc Marquez ke pit untuk mengganti motor pada lap ketiga saat permukaan trek mulai mengering.

Strategi tersebut terbukti tepat mengantarkan sang juara bertahan MotoGP ke podium tertinggi GP Republik Ceko, di Brno sekaligus mempertahankan posisinya sebagai pemuncak klasemen.

Saat memulai balapan, sebenarnya Marquez dan timnya melakukan kesalahan yang cukup fatal. Mereka berasumsi bahwa hujan, meski tak terlalu deras, akan turun di tengah balapan.

Kondisi hujan-terang memang sudah terjadi sejak pagi. Bahkan sesi pemanasan alias warm up berlangsung di tengah guyuran hujan. Pada sesi tersebut Marquez menjadi rider tercepat. Hasil tersebut sebenarnya membuktikan bahwa rider 24 tahun itu sangat kompetitif di semua kondisi, baik basah maupun kering.

Karena sangat percaya diri dengan performa Marquez sepanjang akhir pekan itulah timnya berani melakukan spekulasi nekat. Memasang ban untuk trek basah dengan kombinasi depan medium dan soft untuk belakang.

Pilihan ini terlalu agresif di tengah kondisi cuaca tak menentu seperti balapan kemarin. Strategi itu hanya akan efektif jika trek akan terus basah hingga akhir lomba.

Mayoritas pembalap di grid memasang ban basah medium-medium. Selain Marquez, hanya Hector Barbera (Avintia-Ducati) yang menggunakan medium-soft.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...