Lowongan Anggota Bawaslu Jadi Primadona, Segini Jumlah Pendaftarnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Minat untuk menjadi pengawas pemilu cukup tinggi. Itu terlihat dari membludaknya jumlah pendaftar Bawaslu di 25 provinsi.

Dari ribuan pendaftar, ada 1609 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Jumlah tersebut disaring dari sebanyak 1.955 orang pendaftar.

“Setelah dilakukan seleksi administrasi, sebanyak 1.609 orang peserta, terdiri dari 1.349 orang laki-laki dan 260 orang perempuan ditetapkan lulus seleksi administrasi dan akan menjalani tes tertulis besok,” ujar Ketua Bawaslu Abhan di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (8/8).

Abhan menambahkan, selanjutnya, para peserta tersebut akan menjalani tes tertulis dengan alat bantu komputer (computer assisted test/CAT) secara serentak, Rabu (9/8) di provinsi masing-masing.

Penggunaan CAT bertujuan untuk mendapatkan hasil ujian yang transparan, obyektif dan akuntabel.

Selain itu, katanya, peserta seleksi dapat langsung mengetahui hasil, karena proses pemeriksaan dan penilaian berlangsung dengan cepat.

“Sistem CAT juga untuk menciptakan standar hasil ujian. Dengan sistem komputer ini juga, proses seleksi bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” imbuhnya

Selanjutnya, tim seleksi Bawaslu Provinsi di masing-masing daerah harus menghasilkan 12 – 24 orang untuk menjalani tes wawancara dan tes kesehatan dan kejiwaan lanjutan.

Dari situ, Tim Seleksi akan menyaring kembali menjadi enam orang yang akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu RI.

“Masing-masing provinsi nanti akan terpilih tiga,” pungkasnya. (far/jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar