Bupati Selayar Terpilih sebagai Ketua Pertama ASPEKSINDO

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) akhirnya mendaulat ketua pertamanya. Sosok yang terpilih mengemban amanah ini adalah Bupati Selayar, Muh Basli Ali.

Basli Ali terpilih secara aklamasi sebagai ketua pada forum nasional ASPEKSINDO yang digelar di Hotel Clarion, Makassar, Kamis (10/8/2017). Wali Kota Tarakan, Sofian Raga, sebagai Sekretaris Jenderal ASPEKSINDO, dan Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar, menjabat bendahara umum.

Forum nasional ASPEKSINDO yang pertama ini digelar bersamaan dengan Kongres Nasional Maritim (KONASMI). Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, pada Rabu (9/8/2017).

Sebelumnya, Basli Ali selaku penggagas lahirnya ASPEKSINDO menerangkan bahwa sudah saatnya kepala daerah pesisir bersatu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah kepulauan. Cita-cita itu akan diperjuangkan ASPEKSINDO untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan langkah konkret. Juga, hal ini sesuai misi presiden membangun daerah maritim di Indonesia.

Hal ini pun disambut baik oleh ratusan kepala daerah berbasis kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia. Bukan cuma kesejahteraan masyarakat, juga diusulkan agar seluruh kabupaten di pesisir menyusun tata ruang pantai dan laut demi kelestarian lingkungan.

"Kita membahas hal ini, karena kita melihat pemanfaatan sumber daya dipastikan akan meningkatkan kinerja produksi, tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan," ujar Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube (ASK), yang menjadi salah satu pembicara pada forum nasional ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :

Comment

Loading...