Pecahkan Rekor Donasi Terbesar di Dunia, Bill Gates Sumbang Sahamnya Senilai Rp598 Triliun

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON – Pengusaha terkaya sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates baru saja membuat rekor baru sebagai salah satu orang paling dermawan.

Bill Gates, orang terkaya di dunia itu dikabarkan menyumbangkan sahamnya senilai $4,6 miliar dolar atau setara Rp.598 triliun di Microsoft Corp pada bulan Juni.

Donasinya kali ini menjadikannya sebagai donasi terbesar dalam kurun waktu 17 tahun.

Pia berusia 61 tahun itu telah menyumbangkan sekitar 64 juta saham pada awal musim panas ini, menurut laporan Securities & Exchange Commission seperti dikutip Bloomberg, Senin (14/8).

Bill Gates diketahui menyumbang sahamnya sekitar 5% dari kekayaan Gates, angka yang sangat fantastis dan cukup mengurangi sahamnya di Microsoft.

Hingga kini penerima sumbangan saham itu masih belum diketahui, tetapi situs berita AS, Times mengira dana itu mengalir ke Bill and Melinda Gates Foundation.

Sumbangan Gates awal bisnis hingga sudah sudah mencapai $50 miliar dolar atau Rp.6.500 triliun menurut CNBC.

Bill Gates melakukan donasi pertamanya pada tahun 2000 saat itu ia  menyeumbangkan sekitar $ 5.1 miliar dolar. Setahun kemudian dia menyerahkan saham senilai $ 16 miliar dolar.

Bapak teknologi terbesar itu dikenal senang melakukan amal, ia mendirikan badan amal bernama The Giving Pledge pada tahun 2010.

Para pesertanya termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg, Michael Bloomberg dan George Lucas,.

Hingga kini Bill Gates masih memegang reputasi sebagai orang terkata di dunia menurut Forbes dengan kekayaan bersih sekitar $89 miliar dolar. (mia/pj1)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...