Berbusana Adat Terbaik, Menkumham Dihadiahi Sepeda

FAJAR.CO.ID -- Kesan baru mewarnai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Istana Merdeka (17/8/2017). Undangan diminta hadir mengenakan pakaian adat, dan lima busana terbaik dihadiahi sepeda dari Presiden, Joko Widodo (Jokowi).

"Saya dan Pak Jusuf Kalla memutuskan untuk memperhatikan seluruh tamu yang hadir dan telah diputuskan lima pemenang oleh dewan juri. Pakaian adat terbaik pertama Bapak Yasonna Laoly," kata Presiden Jokowi menyebut nama Menteri Hukum dan HAM disusul tepuk tangan meriah.

Yasonna beserta istri mengenakan pakaian adat Nias, Sumatra Utara.

Jokowi lalu menyebut pemenang kedua, yakni Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD); Oesman Sapta Odang (OSO) yang mengenakan pakaian khas Melayu. Pemenang ketiga yaitu Syarif Muhammad, Asisten ajudan Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat Dayak.

Istri Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Tri Suswati yang mengenakan pakaian adat Papua meraih juara keempat.

Juara kelima disabet Agati Sulie, anggota DPR dari dapil Kalteng, yang tak lain istri dari Wakil Ketua MPR Mahyudin. Agati mengenakan busana tradisional khas Dayak.

"Saya telah siapkan lima sepeda. Silakan diambil," ucap Jokowi.

Tiap pemenang bersalaman dengan Presiden dan mendapat sepeda. Yasonna dan Syarif langsung menaiki sepedanya, sedang OSO, Tri dan Agati menentengnya.

Agati Sulie mengaku senang, karena masuk dalam lima besar pakaian adat terbaik versi presiden Jokowi. "Senang, bangga, haru campur aduk. Bukan karena hadiah sepedanya, tapi karena dapat menampilkan pakaian khas Dayak yang indah dan berestetika tinggi." ucap Agati.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...