PKS-Gerindra-Demokrat Dikabarkan Sepakat Usung Agus AN

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Langkah Agus Arifin Nu’mang (AAN) untuk menjadi calon gubernur pada Pilgub Sulsel 2018 makin mantap saja. Teranyar, tiga partai besar dikabarkan sudah sepakat mengusungnya.

Tiga partai itu adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat).

“Bukan hanya PBB dan PKB saja yang mengusung Pak Agus. Ada partai lain yang bakal menyusul, yaitu Gerindra, PKS, dan Demokrat,” ujar Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Selatan, Badaruddin P Sabang, ketika dihubungi Inikata.com (FAJAR Group), Kamis (17/8/2017).

Ketiga partai itu kabarnya bakal menyerahkan SK rekomendasi kepada Agus AN pada September mendatang.

“Itu yang saya dengar kabarnya,” sambung Badaruddin.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PKS Sulsel, Irwan ST, masih menampik hal ini. Ia mengaku partainya belum menentukan sikap siapa kandidat yang akan diusung. Alasannya PKS masih menjalin komunikasi secara intens, baik terhadap Agus AN, Nurdin Halid, Nurdin Abdullah, dan Rusdi Masse. Nama terakhir sudah menyatakan tidak akan maju bertarung pada pilgub mendatang.

“Kami mau tahu apakah siap maju, partai koalisi sudah mencukupi dan apakah sudah punya calon pendamping,” Irwan berkilah.

Sedangkan Ketua Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani, yang coba dikonfirmasi belum tersambung. Tetapi, sebelumnya, Gerindra telah menegaskan bahwa pilihan tidak akan jauh-jauh dari Agus AN atau Ichsan Yasin Limpo (IYL). Pasalnya, kedua figur tersebut dinilai mampu memenangkan partai ini pada pemilihan legislatif dan juga berkomitmen memenangkan Prabowo Subianto pada pemilihan presiden 2019.

“Gambarannya seperti itu, tapi nantilah Pak Idris Manggabarani yang menyampaikan langsung. Hasilnya sudah ada kok,” ujar Wakil Ketua Tim Desk Pilkada Partai Gerindra Sulsel, Darmawangsa Muin, kepada awak media di DPRD Sulawesi Selatan, Senin lalu (14/8/2017).

Jika benar ketiga parpol besar resmi mengusung, Agus AN sudah memenuhi syarat kursi DPRD untuk maju. Rinciannya, PBB (1 kursi), PKB (3), PKS (6), Gerindra (11), dan Demokrat (11), sedangkan syarat kandidat untuk maju adalah harus mengantongi 17 kursi di DPRD Sulawesi Selatan.

Ini juga membuat peta politik langsung berubah. Tersisa empat parpol saja yang terbuka untuk diperebutkan para kandidat, yaitu PKPI (1 kursi), PDIP (5), NasDem (7), dan Hanura (6).

Dua pasrtai lain, yakni PAN (9 kursi) dan PPP (7) telah merapat ke paslon Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar alias Cakka. (inikata/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :

Comment

Loading...