Bendera Indonesia Terbalik, Mahfud MD: Pantas Banyak Rakyat Marah

Senin, 21 Agustus 2017 - 19:17 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Malaysia sebagai tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2017 telah membuat kesalahan fatal. Bendera Indonesia yang harusnya merah dan putih malah dibalik. Hal itu tercetak di dalam buku panduan.

Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP), Mahfud MD mengatakan wajar publik marah besar terhadap Malaysia. Karena bukan kali ini saja Negeri Jiran itu berulah terhadap Indonesia.

Apalagi ungkap Mahfud, apabila dianggap ketiksengajaan dari Malaysia maka itu sama sekali tidak profesional dalam menyelenggarakan SEA Games.

“Saya kira pantas banyak rakyat marah,” ujar Mahfud saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta, Senin (27/8).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menambahkan, seharunya pemerintah tidak serta merta memaafkan tindakan dari Malaysia tersebut. Oleh sebab itu dia menyarankan pemerintah agar memberikan nota protes diplomatik terhadap Malaysia.

“Nota diplomatik yang sifatnya protes, bahwa Indonesia tidak menerima sebagai ketidaksengajaan,” katanya.

Sebelumnya, insiden bendera Indonesia terbalik menjadi putih merah itu diungkap pertama kali oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi lewat akun Twitter-nya.

Unggahan itu disertai foto sebuah buku panduan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu, bendera di atas tulisan Indonesia terbalik menjadi berwarna putih merah. Mestinya merah putih. Sementara bendera negara-negara lain benar. (Fajar/JPC)