31 Tergugat Tak Hadiri Panggilan, Sidang Sengketa Tanah di Rawa Sari Ditunda

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sidang sengketa tanah di Jalan Pramuka, RT 03/RW 019, Kelurahan Rawa Sari, Kecamatan Cempakah Putih, jakarta Pusat antara penggugat Muhammad Alwi Hamu dan tergugat Yayasan Kesejahteraan Sosial Darma Putra Kostrad dkk harus ditunda.

Sidang yang berlangsung di Lantai Tiga pada, Selasa (22/8) itu dipimpin oleh Hakim Ketua, Agus Sadikin yang menggantikan Agus Rahman akibat gangguan kesehatan (sakit).

Sesuai dengan jadwal sidang yang tertera dalam surat panggilan sidang dengan nomor 371/pgt.G/2017/PN.JKT.PST itu dimulai pukul 09.00 WIB. Namun, sidang dengan agenda pemeriksaan surat kuasa dari penggugat penggugat kepada kuasa hukumnya, dan kelengkapan adminsitrasi AD/ART dari tergugat yakni, Yayasan Kesejahteraan Sosial Darma Putra Kostrad dkk itu, sedikit molor.

Pantauan wartawan di Gedung Pengadilan Jakarta Pusat, jadwal sidang sengketa tanah itu molor hingga lima jam lebih. Sidang baru dimulai pada pukul 13.18 WIB yang dipimpin langsung oleh Hakim Ketua Agus Sadikin.

Selain itu, sidang pertama kasus tanah ini juga beragendakan pemeriksaan dan mendengar keterangan dari 31 tergugat oleh hakim, sesuai dengan isi gugatan dari penggugat Alwi Hamu. 31 tergugat itu tak hadir dalam persidangan dan hanya diwakili oleh kuasa hukumnya, Budianto yang juga anggota TNI aktif. Selain Budianto, ada juga satu anggota TNI yang ikut mendampingi Budianto di ruang sidang, yakni Zahran dengan pangkat dua melati dipundaknya.

Karena tidak hadirnya 31 tergugat, maka hakim memutuskan untuk menunda persidangan hingga 12 September 2017 dengan agenda menghadirkan dan melakukan pemeriksaan terhadap 31 orang tergugat, serta pemeriksaan surat kuasa dari Alwi hamu kepada kuasa hukumnya yang dipimpin oleh Nelson Daniel Boling cs.

Sementara itu, dari pihak kuasa hukum penggugat semuanya hadir dalam sidang perdana itu. Namun, lima dari tujuh kuasa hukum Alwi Hamu harus meninggalkan persidangan akibat molornya jadwal sidang, yang juga bertabrakan dengan jadwal sidang lainnya. Napal januar Sembiring sebagai kuasa hukum Alwi hamu yang menghadiri sidang tersebut. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...