Usul UI Diubah Jadi Universitas Pendidikan dan Pembudayaan Indonesia

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Usulan ini lahir dari Presiden RI ketiga, Prof Dr Ing H BJ Habibie. Ia mengusulkan agar Universitas Indonesia diubah menjadi Universitas Pendidikan dan Pembudayaan Indonesia.

Hal ini sejalan dengan proses peradaban manusia Indonesia yang makin beragam. Ditambah lagi dengan kencangnya teknologi informasi.

“Indonesia sudah punya menteri pendidkan dan kebudayaan. Namun, yang lebih difokuskan adalah pendidikan. Sedangkan kebudayaan tidak, padahal antara keduanya sangat berkaitan erat,” kata Habibie dalam dialog di Gedung MPR RI, Selasa (22/8/2017).

Dia mencontohkan dirinya yang merupakan seorang muslim taat tapi mengenyam pendidikan di sekolah kristen. Orang tua Habibie yang berasal dari Makassar dan Jawa membuatnya belajar tentang keberagaman.

“Saya bukan NU atau Muhammadiyah, saya juga tidak masuk di organisasi Islam mana pun. Namun, saya tiap hari baca Alquran dan mengerti maknanya. Ini karena apa? Karena ada proses pembudayaan,” terangnya.

Agar bangsa Indonesia tidak terkotak-kotak, Habibie menyarankan agar proses pembudayaan diserahkan kepada organisasi keagamaan. Sedangkan nilai-nilai penerapannya diserahkan kepada Universitas Pendidikan dan Pembudayaan Indonesia. (esy/jpnn)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...