Bos Batu Bara Tawar Rp 50 Juta, Sapi Kurban Presiden Dilepas Rp 60 Juta – FAJAR –
Sulbar

Bos Batu Bara Tawar Rp 50 Juta, Sapi Kurban Presiden Dilepas Rp 60 Juta

Foto sapi milik Saiman yang dibeli presiden di Sulbar. (FOTO: EDWARD/FAJAR)

FAJAR.CO.ID — Sapi yang akan dikurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulawesi Barat besarnya mencapai satu ton. Sapi itu berasal dari salah seorang peternak di Kabupaten Polman.

Kepala Bidang Pengembangan Mental Spiritual dan Kesra Dinas Sosial Sulbar, Abdul Razak, menyatakan, pihaknya telah menemukan sapi yang diminta oleh presiden. Sapi tersebut adalah milik Saeman (60 tahun), peternak asal Desa Campurejo Kecamatan Wonomulyo.

“Saya telah melaporkan sapi tersebut kepada tim yang dibentuk oleh pemerintah pusat dan mereka akan datang langsung pada Senin mendatang untuk mengeceknya. Tugas kami hanya mencarikan saja. Sedangkan, untuk proses pembayaran dan deal itu berada di tangan tim khusus tersebut,” kata Abdul Rasak, Kamis (24/08/2017).

Sapi kurban yang ditunjuk tersebut adalah sapi jenis pedaging ras simatal asal Swiss yang kini banyak dibiakkan di Indonesia. Pihaknya juga akan melaporkan hal tersebut ke Gubernur Sulbar.

“Saya sudah informasi ke ajudan Gubernur Sulbar, tentang sapi yang beliau minta telah kami siapkan,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa sapi tersebut akan dipotong di tempat di mana Gubernur Sulbar melaksanakan salat Iduladha pada 1 September 2017. Sedang, untuk jumlah kupon penerima daging kurban masih dalam pendataan.

“Yang jelas semua daging akan kami bagi rata kepada semua penerima. Bahkan, jika memungkinkan beratnya daging sapi per paketnya bisa di atas satu kilogram,” bebernya.

Kepala Bidang Peternakan Distanak, Kaharuddin, membeberkan, harga sapi 1 ton untuk kurban presiden disepakati kedua pihak senilai Rp60 juta.

“Tadi saya sudah laporkan ke Jakarta mengenai harganya, sebenarnya harganya terlalu mahal untuk tipe sapi seperti ini. Tetapi karena ada bos batu bara yang sudah menawar Rp50 juta, terpaksa kita naikkan Rp60 juta,” ujar Kaharuddin.

Menurutnya, sapi yang dimiliki Saiman adalah jenis simental yang merupakan tipe sapi potong (pedaging) yang sangat unggul dalam bidang pertumbuhan berat badan, sehingga sering digunakan dalam bisnis penggemukan sapi.

“Saeman ini memang sudah lama beternak sapi, bahkan dia juga beternak ayam potong. Kami sekarang kini tengah,” pungkasnya. (edo/fo/fajar)

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!