Kurang Ajar! Uang Jamaah Dipakai Bos First Travel untuk Beli Ini

Kamis, 24 Agustus 2017 - 21:33 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Uang jamaah umrah ternyata mengalir ke rekening dua bos First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. Uang tersebut ternyata digunakan untuk kepentingan lain.

Seperti membeli mobil, rumah, restoran di Inggris, dan barang-barang berharga lainnya.

Ketua Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kiagus Bada‎rudin mengatakan, pihaknya telah menelusuri rekening dari bos travel umrah tersebut. Hasilnya ada temuan baru mereka melakukan investasi di bisnis valuta asing atau valas.

“Ada bisnis lain misalnya dalam valas,” ujar Kiagus saat ditemui di Kantor PPATK, Jakarta, Kamis (24/8).

Kiagus menambahkan, ada uang keluar yang belum terendus oleh PPATK. Namun demikian dua bos travel umrah itu diduga menggunakannya untuk liburan di luar negeri. “Jadi ada pengeluaran yang sifatnya tidak dilihat, itu dalam artian liburan,” katanya.

Kementerian Agama (Kemenag) sebelumnya secara resmi telah menjatuhkan sanksi administratif pencabutan izin operasional PT. First Anugerah Karya Wisata (First Travel) sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Sanksi itu ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 589 Tahun 2017 per tanggal 1 Agustus 2017 lalu.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan adik Anniesa Hasibuan, Kiki Hasibuan, sebagai salah satu tersangka kasus First Travel. Kiki diduga mengetahui cara kerja First Travel.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak, mengatakan, Kiki berperan sebagai Komisaris Keuangan di First Travel. Dengan posisi tersebut, disinyalir Kiki mengetahui cara kerja dan aliran dana dalam mengoperasikan First Travel sebagai biro perjalanan. Kiki pun diduga mengetahui perbuatan yang dilakukan Direktur Utama First Travel, Andika Surachman, dan juga Anniesa Hasibuan.

Sejauh ini, tiga orang telah ditetapkan menjadi tersangka. Dua tersangka awal, yakni Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan yang telah diamankan polisi Rabu (9/8) silam. Setelah melakukan pengembangan, polisi pun melakukan pemeriksaan terhadap adik Anniesa, yakni Kiki dan ditetapkan mrnjadi tersangka kasus penipuan dan penggelapan uang jamaah umrah First Travel. (cr2/jpc/fajar)