Penantang Wajib Kerja Keras, Elektabilitas Danny Pomanto Masih Teratas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Hasil survei PAN menempatkan popularitas dan elektabilitas Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, di posisi teratas.

“Saat ini masih pak Danny, masih unggul,” ujar Ketua DPC PAN Makassar, Hamzah Hamid.

Meskipun survei salah satu variabel dalam menentukan, namun PAN belum memastikan untuk mengusung Danny pada Pilwalkot Makassar 2018.

“Kalau bicara realita itu, kalau dukungan belakangan, yang pasti survei popularitas dan elektabilitas pak Danny masih teratas,” ungkap Hamzah.

Wakil Ketua Tim Pilkada PAN Makassar, Askari Umar Tatta, mengatakan survei sudah dilakukan dan diakui bila incumbent masih kuat. “Artinya incumbent popularitasnya masih tinggi, elektabilitasnya juga. Akan tetapi, itu juga dilihat peningkatan lawannya. Kandidat lainnya, seperti Pak Ical,” urainya.

Meskipun harus dipertimbangkan dalam pengalaman Pilkada, elektabilitas incumbent biasanya menurun. “Kalau bicara Pilkada, kandidat yang lain biasa naik. Tapi, peningkatannya tak siginifikan,” paparnya.

Kendati demikian, PAN belum menjamin akan mengusung Danny, sebab politik masih cair. Begitu pula pada rencana PAN mendorong Hamzah Hamid, bahkan bisa urung dilaksanakan.

“Kita harus berikan kepada kandidat lain, kalau ada kandidat lain mau mengajaknya berpaket, mengapa tidak,” bebernya.

Adapun kandidat lain yang dibidik PAN, yakni Adi Rasyid Ali, Andi Mustaman, Syamsu Rizal, Hamzah Hamid, Irman Yasin Limpo, Muhammad Iqbal Djalil, Haris Yasin Limpo, dan Nasran Mone.

Sebelumnya, juga Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief, mengakui bila survei Danny masih unggul daripada kandidat lainnya. (ham/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...