Amanah Ingin “Head to Head” pada Pilkada Wajo 2018

Minggu, 27 Agustus 2017 - 17:07 WIB
Amran Mahmud (Amanah) saat tiba di Rumah Amanah di Jalan Bau Mahmud, Sengkang, Minggu (27/8/17).

FAJAR.CO.ID, WAJO — Bakal calon Bupati Wajo, Amran Mahmud (Amanah), sudah mengantongi 14 kursi, namun itu belum membuat Amanah puas.

Ketua PAN Wajo itu masih membidik beberapa kursi lagi. Indikasi tersebut membuat tanda bahwa Amanah ingin head to head.

Bila skenario itu yang diinginkan, mantan wakil bupati Wajo itu harus menyisahkan kurang dari 16 kursi di DPRD, karena untuk mengusung satu calon dibutuhkan delapan kursi.

Saat ini, Amanh telah mendapat 14 kursi dari PAN empat kursi, PPP tujuh kursi, PKS dua kursi, dan PBB satu kursi. Alhasil, tinggal 26 kursi yang tersisa.

Minggu sore (26/8/17), keempat partai tersebut resmi memberi rekomendasi dukungan ke Amanah. Namun, empat partai tersebut bukan yang terakhir meski sudah cukup untuk mengusungnya pada Pilkada Wajo 2018.

Amran mengatakan, masih ada tambahan lagi partai yang memberi rekomendasi untuk maju Pilkada Wajo. “Kedepan masih ada tambahan dukungan partai lain untuk memperkuat kualisi ini,. Makanya tunggu saja kejutan-kejutan yang akan diberikan,” tegas Ketua Muhammadiyah Wajo itu.

Untuk head to head, Amanah tinggal mengamankan Demokrat dan PDIP. Karena bila Amanah berhasil mengambil Demokrat dan PDIP sudah dipastikan Pilkada Wajo akan head to head.

Meski jumlah kursi masih 16, namun pembagian partai tidak bisa mengusung dua pasang lagi, kecuali kandidat melalui jalur independen yang jauh lebih rumit ditempuh. (one/fajar)

 

  • Data Kursi DPRD Wajo
    PPP= 7 kursi
    PAN= 4 kursi
    PKS= 2 kursi
    PBB= 1 kursi
    Golkar= 7 kursi
    Demokrat= 5 kursi
    PDIP= 4 kursi
    Gerindra= 3 kursi
    PKB= 3 kursi
    Hanura= 2 kursi
    Nasdem= 2 kursi