Komplotan Perampok ATM Ternyata dari Luar Daerah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA- Satu tersangka komplotan spesialis ganjal ATM antar provinsi yang diringkus tim gabungan enam satuan Reskrim ternyata warga Samarinda.

Tersangka “mengundang” Heprigus Kurniawan alias Hepri dan Iwan Palestra alias Iwan, keduanya warga Jambi, untuk menebar teror di Kota Tepian. Warga Samarinda yang masuk dalam komplotan spesialis ganjal ATM itu adalah Aji. Warga Jalan Cendana, Sungai Kunjang itu diciduk di rumahnya setelah polisi berhasil meringkus Hepri dan Iwan, Selasa (22/8) lalu.

Tidak banyak informasi yang bisa digali terkait serangkaian kasus ganjal ATM yang pernah terjadi di Samarinda. Pasalnya Hepri, Iwan dan Aji keburu dikeler ke Polda Kalsel.

“Namun kami sempat menginterogasi para pelaku (Hepri, Iwan dan Aji). Dari pengakuan yang kami dapat, mereka belum pernah beraksi di Samarinda,” terang Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Kompol Sudarsono, melalui Kasubnit Jatanras, Iptu Kawan.
Pengakuan Hepri, Iwan dan Aji yang merasa tak pernah beraksi di Samarinda itu, memunculkan dugaan adanya kelompok ganjal ATM lainnya. “Ini yang masih kami dalami,” tegasnya.

Sementara itu terkait keterlibatan Aji, dalam pemeriksaan ia menampik tuduhan pernah melakukan kejahatan ganjal ATM di Samarinda.
“Kalau mendatangkan dua temannya (Hepri dan Iwan) memang dia (Aji, Red) akui. Tapi kalau beraksi di Samarinda tidak pernah. Pengakuannya kalau di kota sendiri ia tak mau, tapi untuk beberapa TKP Banjarmasin dan Balikpapan dia ikut beraksi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ketiga pelaku menggunakan tusuk gigi, ampelas dan gergaji besi untuk membobol ratusan juta uang nasabah di ATM. Hepri, Iwan dan Aji menggunakan modus operandi dengan mengganjal lubang kartu pada mesin ATM. Mereka beraksi di enam tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah Banjarmasin, Kalsel dan Balikpapan, Kaltim.

Mereka pun akhirnya berhasil diciduk tim gabungan Jatanras Satreskrim Polresta Samarinda, Polsekta Samarinda Ilir, Jatanras Polda Kaltim, Resmob Polda Kaltim, Resmob Polda Kalsel dan Jatanras Polres Banjar Baru ketika hendak beraksi di Jalan dr Sutomo, Samarinda. (oke/beb)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...