Puisi JK untuk Istri: 50 Tahun Tak Pernah Ucap “I Love You”

Senin, 28 Agustus 2017 - 08:33 WIB
Suasana Ultah 50 tahun pernikahan Wapres RI HM Jusuf Kalla-Mufidah.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Presiden, Jusuf Kalla, membacakan puisi yang dibuat khusus untuk istri pada ulang tahun ke-50 pernikahannya dengan Mufidah Jusuf Kalla, Minggu malam (27/8/2017).

Puisi itu banyak bercerita tentang kisah percintaan mereka sejak bersekolah di SMAN 3 Makassar. Selama tujuh tahun JK berupaya mendapatkan cinta Mufidah. ”Tapi engkau seperti jinak-jinak merpati,” ujar JK membacakan puisinya, ”Sama seperti tempat tinggalnya di Jalan Merpati.”

JK tampil mengenakan setelan jas dengan peci, tapi tanpa dasi. Hadirin pun dibuat tertawa, termasuk Presiden Joko Widodo dan istrinya, Iriana. Mantan Presiden BJ Habibie dan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid juga menyempatkan datang. Terlihat pula mantan Presiden Megawati Soekarno Putri yang sempat memberikan ucapan selamat tapi tidak duduk sampai acara selesai. Para menteri Kabinet Kerja juga terlihat dalam jamuan makan malam yang salah satu menunya adalah sup ubi, makanan favorit JK.

Sepanjang puisi dibaca, gelak tawa dan tepuk tangan memang mengiringi. JK juga mengungkapkan rahasia-rahasia kecil yang jarang diketahui orang saat membacakan puisi. Seperti dia nekat mengumandangkan azan di musala dekat rumah Mufidah. Tujuannya tak lain untuk menggaet Mufidah dan orang tuanya.

”Tujuh tahun hanya nonton bioskop satu kali. Itupun dengan teman-temanya,” ujar JK. Hadirin lagi-lagi tertawa.

Tapi, dia yakin usaha yang keras itu akan membuahkan hasil yang manis. Setelah tujuh tahun berupaya, dia pun berhasil meminang Mufidah. Mereka mengarungi awal bahtera rumah tangga dengan meneruskan usaha dagang keluarga Kalla. Mufidah membesarkan lima anaknya tanpa bantuan babysitter.

”Aku ingin minta maaf kepadamu. Karena selama 50 tahu aku tidak pernah memberikan bunga sambil mengucapkan I love you,” ungkap dia. Hadirin tertawa dan bertepuk tangan.

Puisi Jusuf Kalla untuk istrinya, Mufidah.

Presiden Jokowi menuturkan JK adalah sosok yang humoris. Di waktu senggang saat bertemu mereka juga sesekali bercanda tentang banyak hal. ”Tapi tentu tidak bisa saya sampaikan di sini,” ungkap Jokowi yang memberikan sambutan semalam. Dia mendoakan agar pasangan tersebut bisa semakin langgeng dan sehat selalu.

Acara itu lebih banyak diisi dengan nyanyian dan tarian. Terlihat tampil artis Cici Paramida dan Sarwana. Cucu-cucu JK membakan persembahan lagu. Sedangkan putri mereka menampilkan tari serampang 12. Mufidah pun diminta maju oleh putrinya untuk ikut serta menari. Malam itu Mufidah juga mengungkapkan rasa cintanya pada JK. ”Saya juga sebenarnya memendam rasa,” kata Mufidah seolah mengklarifikasi soal ‘jinak-jinak merpati”. (jun/fo/fajar)