Tahun Lalu Emas Olimpiade, Kali Ini Gelar Juara Dunia

Senin, 28 Agustus 2017 - 06:31 WIB
Tontowi/Liliyana usai pengalungan medali dan pemberian trofi (Foto: Twitter@INABadminton)

FAJAR.CO.ID — Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mempersembahkan gelar juara dunia 2017 sebagai kado HUT Kemerdekaan RI ke-72 pada 17 Agustus lalu.

Seperti diketahui, Tontowi/Liliyana menyandang predikat juara dunia 2017 usai mengalahkan Zheng Siwei/Chen Qingchen, dari Tiongkok, dengan tiga set 15-21, 21-16, dan 21-15.

Ditarik ke belakang, Liliyana/Natsir sebelumnya juga memberikan kado manis bagi HUT Kemerdekaan RI ke-71. Mereka meraih medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

“Tahun lalu, kami memberikan medali emas olimpiade sebagai kado terindah untuk Indonesia tepat di tanggal 17 Agustus. Tahun ini walaupun sudah lewat tanggal 17, tetapi bulannya masih Agustus. Jadi gelar juara dunia ini kami persembahkan untuk kado HUT Kemerdekaan Indonesia,” ujar Liliyana dalam rilis resmi PBSI.

Dalam pertarungan selama 56 menit, Owi/Butet – sapaan akrab Tontowi/Liliyana, berhasil menyudahi perlawanan Zheng/Chen. Sempat kalah pada set pertama, mereka bangkit dan berhasil memenangkan set kedua dan ketiga.

Usai memastikan kemenangan, Liliyana pun sangat emosional. Dia mengangkat tangan kanannya dengan membuka keempat jarinya. Itu sebagai ungkapan bahwa dirinya telah 4 kali merasakan gelar juara dunia.

Liliyana dua kali meraihnya saat berpasangan dengan Tontowi yakni pada 2013 dan 2017. Kemudian dua gelar dia raih ketika berpasangan dengan Nova Widianto pada 2005 dan 2007.

(epr/JPC)