Hati-Hati Gunakan Dana Desa

Selasa, 29 Agustus 2017 - 14:33 WIB

FAJAR.CO.ID, PASARWAJO – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buton, La Ode Rafiun, mengingatkan seluruh kepala desa (Kades) agar waspada mengelola Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Dia mengimbau uang negara tersebut harus dipertanggung jawabkan sesuai petunjuk dan aturan yang berlaku.

“Kepala desa dan jajarannya harus hati-hati menggunakan DD dan ADD. Mereka harus mempertanggung jawabkannya sesuai dengan aturan yang berlaku,” imbau La Ode Rafiun, ketika dikonfirmasi, Minggu (27/8).

Dia meminta para kades agar selalu memperhatikan petunjuk dan tata cara serta mekanisme pertanggung jawaban DD dan ADD. Dana yang dikelola itu juga harus benar-benar tepat sasaran supaya tidak kesulitan mempertanggung jawabkannya.

Disamping itu, dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan di desa kades harus melibatkan semua unsur terkait. Partisipasi masyarakat juga penting dilibatkan agar anggaran negara bisa bermanfaat buat mereka.

Kemudian lanjut Rafiun, supaya tidak berhadapan dengan hukum di kemudian hari, tenaga pendamping harus dimanfaatkan. Jika kades dan pendamping sudah bekerjasama dengan baik, maka dana yang masuk ke desa dapat terserap dengan baik sebagaimana diharapkan. (Fajar/BP)