Dasar Maling Ikan! Periaran Indonesia Nekat Diserobot, Kapal Ikan Malaysia Akhirnya Tertangkap

Rabu, 30 Agustus 2017 - 20:31 WIB

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Satlan II Polair Tarakan Dit Polair Polda Kaltim kembali mengamankan kapal asing berbendera Malaysia yang sedang melakukan illegal fishing di perairan Karang Unarang, Kabupaten Nunukan, sekira pukul 03.00, Senin (28/8).

Dirpolair Polda Kaltim Kombes Pol Omad melalui Kasatlan II Komisaris Syam Suriya menyebutkan salah satu kapan berkapasitas 40 GT, sedangkan satu kapal bantu. Sebanyak 600 kilogram ikan campuran yang berhasil diamankan beserta pukat jeruk, satu buah bendera Malaysia, satu buah bendera Sabah dan dokumen kapal dari Malaysia.

“Mereka diancam dengan Pasal 92 jo 26 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan,” tegasnya.

Nakhoda kapal atau juragan, La Nurdia langsung ditetapkan tersangka. Sementara untuk 10 anak buah kapal dan satu di antaranya adalah warga Samporna, Malaysia saat ini masih diamankan sebagai saksi. Nantinya, pihak Polair akan berkoodinasi dengan Imigrasi terkait status para anak buah kapal ini, karena masih berstatus Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia.

Ditambahkan, sesuai kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dua kapal nelayan asing tersebut terancam ditenggelamkan. (*/ell/fen)