Gubernur Sandang Gelar Kehormatan Masyarakat Adat Toraja

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mendapatkan gelar adat pemimpin kehormatan Toraja pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Kabupaten Toraja Utara, Rabu (30/8/2017).

Gelar kehormatan yang disandang Syahrul YL ialah Arrang Samalelena Sulsel Biak Marorronganna Babangan A’pa atau berarti pemberi cahaya dan terang di seluruh pantai dan pedalaman Sulsel.

Gelar ini diberikan oleh masyarakat adat Toraja melalui prosesi ada oleh Ketua Dewan Kehormatan Adat Toraja, Layuk Sarongallo, dan Tilang Tandirerung selaku anggota.

HUT ke-9 Torut tahun ini mengangkat tema Pariwisata Sebagai Lokomotif Pembangunan Kabupaten Toraja Utara.

Selain gubernur, hadir pula CEO MNC Group, Harry Tanoesudibyo; bakal calon Wakil Gubernur Sulsel, Andi Mudzakkar atau yang akrab disapa dengan Cakka; Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan; dan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Buringkanae.

Kegiatan tersebut diawali defile tedong (kerbau), dan rombongan peserta dari 23 kecamatan se-Kabupaten Torut, di mana para peserta menampilkan kerbau-kerbau unggulan dengan harga fantastis, mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Selain itu juga ada penampilan busana adat serta tarian tradisional .

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, mengatakan, HUT ini merupakan pemanasan sebelum diadakannya ajang tahunan Lovely Desember mendatang, karena diagendakan akan dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo.

“Bapak Gubenur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sudah mengusahakan Bapak Presiden Jokowi akan hadir pada Lovely Desember,” kata Kalatiku.

(yudha/inikata/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...