Unjuk Dukungan, Warga Toraja “Salam Punggawa” Bareng Cakka

Rabu, 30 Agustus 2017 - 17:43 WIB
Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (Cakka) pada HUT Ke-9 Kab Toraja Utara.

FAJAR.CO.ID — Menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ke-9 Kabupaten Toraja Utara, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (Cakka), menjadi rebutan warga untuk berfoto bersama, baik sebelum acara dimulai, maupun setelah kegiatan berakhir.

Tak sekadar foto bersama, para warga yang sebagian mengenakan pakaian adat juga mengabadikan momen kebersamaan dengan melakukan Salam Punggawa atau salam yang diidentikkan dengan Ichsan Yasin Limpo (IYL), pasangan Cakka pada Pilgub Sulsel 2018.

“Beda memang ini Pak Cakka. Bisa diterima masyarakat di Toraja,” kata seorang warga, Alfian, usai berfoto bersama Cakka, Rabu siang (30/08/17).

Berdasarkan pantauan, pada HUT Toraja Utara, hanya tiga kepala daerah yang hadir selain Kalatiku Paembonan sebagai tuan rumah. Ketiga bupati itu adalah, Andi Mudzakkar (Bupati Luwu), Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, serta Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae.

Tiga kepala daerah ini, duduk berdampingan di deretan kursi VIP bagian depan, sambil sesekali menunjukkan kekompakannya di hadapan tamu lainnya, termasuk para pewarta yang mengabadikan momen tersebut.

Khusus Adnan yang tak lain putra Ichsan Yasin Limpo, datang sebagai bentuk apresiasi dan penghargaannya kepada masyarakat Toraja yang selama ini memiliki hubungan emosional dengan masyarakat di Gowa yang tak bisa terpisahkan.

Selain di HUT Toraja Utara, Cakka yang juga menjabat Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu sekaligus pentolan Forum Komunikasi Putra-Putri TNI/Polri (FKPPI) Luwu, juga bakal menghadiri puncak HUT Tana Toraja pada Kamis (31/8/2017).

Hubungan Cakka dengan masyarakat Toraja memang dikenal dekat. Selain tergolong bertetangga, Cakka diberbagai kesempatan selalu melakukan pertemuan dengan komunitas warga Toraja, termasuk menjaga keberagamaan antar etnis di daerahnya.

Bahkan, saat Cakka diumumkan sebagai pasangan Ichsan Yasin Limpo, akhir Juli lalu, sejumlah tokoh masyarakat Tana Toraja secara khusus ikut mendampingi Cakka ke Makassar, sekaligus mempertegas sikap dukungannya ke pasangan yang menggunakan tagline “Punggawa Macakka” ini.

“Kebersamaan ini harus tetap terjaga. Saling menghargai, menghormati adalah kunci harmonisnya hubungan antar suku dan umat beragama,” kunci Cakka. (taq/fo/fajar)