Tebang Pohon-pohon Berusia Ratusan Tahun, Pemkot Diprotes

Kamis, 31 Agustus 2017 - 20:26 WIB

FAJAR.CO.ID — Legislator PKS Sulsel, Sri Rahmi, memprotes penebangan pohon di sepanjang Jalan Kajaolaliddo hingga Jalan Botolempangan yang dilakukan Pemkot Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup.

“Sangat disayangkan Pemkot menebang pohon yang usianya sudah ratusan tahun. Pohon ini adalah aset untuk kelangsungan hidup. Jangan dianggap sepele dan segampang itu menebangnya,” kata Sri Rahmi, Kamis (31/8/2017).

Dia mempertanyakan upaya Pemkot Makassar menghadirkan kembali keteduhan dan kesejukan kota dengan menanam pohon ketapang.

“Menangis hati saya melihat pohon-pohon tua itu tertumpuk menjadi kayu. Kalau dengan alasan pelebaran jalan untuk pedesterian, saya rasa Pemkot tidak harus mengorbankan pohon-pohon itu,” bebernya.

Dia mencontohkan, di beberapa daerah seperti Jakarta dan Bandung, proyek pedesterian tetap jalan tanpa harus menebangi pohon-pohon tua.

“Saya imbau Pemkot Makassar, berhentilah menebangi pohon-pohon itu. Tolonglah. Kita butuh waktu ratusan tahun untuk bisa menikmati keteduhannya,” bebernya. (nur/fo/fajar)