Usai Iduladha di Parepare, Aziz Qahhar “Diserbu” Loyalis

FAJAR.CO.ID -- Anggota DPD RI, Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, mendapatkan amanah menjadi khotib salat Id di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Jumat (1/9/2017).

Usai pelaksanaan lebaran Iduladha, Aziz "diserbu" para loyalis dan warga yang turut melaksanakan salat Id di Lapangan Andi Makkasau. Mereka secara bergantian mencoba sekadar bersalaman hingga berswafoto bersama Aziz.

Pada kesempatan itu, Bakal Calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dari Nurdin Halid ini menyampaikan dua hal penting yang dapat dipelajari dari makna Idul Adha, yakni tentang keteladanan dan ketaatan.

Idul Qurban memiliki dua makna utama. Pertama, arti Qurban adalah dekat, yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Kedua, arti Qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.

Aziz Qahhar menjelaskan keteladanan Nabi Ibrahim dan ketaatan Nabi Ismail, kala diperintahkan oleh Allah untuk menyembelihnya. Sifat yang telah dicontohkan oleh keduanya sebisa mungkin belajar mengikutinya Sebagai orangtua yang baik, kata dia, sudah sepatutnya untuk mengajarkan suri tauladan kepada keluarga masing masing. Khususnya dalam hal pembentukan karakter.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...