Sastra Prancis Unhas Bekali Guru Cara Efektif dalam Mengajar – FAJAR –
Pendidikan

Sastra Prancis Unhas Bekali Guru Cara Efektif dalam Mengajar

Foto: IST for FAJAR

FAJAR.CO.ID — Departemen Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (Unhas), bekerja sama Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Unhas telah melakukan kegiatan pelatihan bagi para guru bahasa dari berbagai sekolah lanjutan, seperti SMPN 8 Makassar, SMK Kartika CX-I dan SMA Wahyu serta SMKN 7 Wajo.

Pelatihan itu bertema “Fun Teaching and Learning Berbasis Metode Français Langue Étrangère (FLE) digelar belum lama ini.

Ketua Departemen Sastra Prancis, Dr Mardi Adi Armin, hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua panitia kegiatan, Dr. Prasuri Kuswarini, M.A, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat oleh dosen dosen Sastra Prancis Unhas.

Pelaksanaan pelatihan guru ini dilatarbelakangi hasil diskusi antara Departemen Sastra Prancis Unhas dengan para stake holder, di antaranya sekolah lanjutan pada acara workshop kurikulum 2014 lalu.

“Dalam persepsi para guru asumsi di tengah mahasiswa bahwa bahasa asing itu sulit sedangkan bahasa Indonesia membosankan,” jelas Prasuri.

Motivasi siswa yang rendah dan prestasi yang kurang memuaskan kerap kali dikeluhkan banyak guru bahasa. Walaupun dalam Beberapa hal masalah tersebut disebabkan oleh guru itu sendiri.

Berbicara metode, tentu unsur utama yang harus ada adalah guru.

Di dalam kelas, guru selain berfungsi sebagai pengajar, juga sebagai fasilitator. Pemimpin kelas sekaligus partisipant dalam proses pembelajaran, perencana sekaligus motivator.

“Untuk itu FLE memasukkan unsur hiburan dalam metode metodenya dengan titik berat l’actionnell atau tindakan,” jelas Dr Prasuri. (*/fajar)

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!