Demi Lulus SKD, Masih Ada Peserta CPNS yang Berbuat Curang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Upaya untuk berbuat curang mewarnai pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT) CPNS Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham) 2017 yang digelar di MG Setos Hotel, Semarang, Rabu (13/9). Petugas pengawas menemukan peserta tes yang menyembunyikan seperangkat alat komunikasi di balik pakaiannya.

“Jadi peserta ini punya niat untuk curang demi lulus SKD menggunakan  CAT BKN. Dia nekat bekerja sama dengan joki melalui alat komunikasi tersebut,” ungkap Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Sabtu (16/9).

Karena terbukti curang, lanjutnya, peserta tes CPNS itu langsung dianulir dan dimasukkan daftar hitam (black list). Pelaku juga langsung diserahkan ke kepolisian.

Polisi juga sudah memastikan tidak ada panitia seleksi ataupun pihak Kemenkumham yang terlibat dalam kecurangan itu. “Dari hasil penyelidikan polisi di Polsek Semarang Tengah, tidak ada panitia BKN maupun Kemenkumham yang terlibat dalam tindakan peserta tersebut,” ucapnya.

Sedangkan di Sulawesi Selatan juga ada peserta yang mencoba berbuat curang. Pelaku yang berjenis kelamin perempuan sengaja membawa kamera dan menyembunyikannya di dalam organ vitalnya.

Namun, pengawas mengetahuinya. Peserta yang berusaha curang itu langsung dikeluarkan dari tempat tes. (Fajar/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...