Kanwil Bea Cukai Sulawesi Musnahkan 13 Juta Batang Rokok Ilegal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Selain minuman keras ilegal sebanyak 225 botol, Kanwil Bea Cukai Sulawesi juga memusnahkan rokok ilegal sebanyak 13 juta batang senilai Rp 8,48 miliar, Selasa (19/9/17).

Pemusnahan tersebut berhasil mencegah kerugian negara sebesar Rp 4,34 miliar.

Barang tersebut merupakan hasil penindakan pada akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 oleh Kanwil Bea Cukai Sulawesi dan KPPBC TMP B Makassar.

Barang ilegal yang dimusnahkan. (Foto: Syamsul Alam/FAJAR.co.id)

Barang ilegal ini didapatkan di pintu masuk, baik di pelabuhan laut, bandar udara, maupun barang yang sudah ada di pasaran wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

“Saya pikir perlu peran dan komitmen dari masyarakat dalam memberantas rokok dan minuman ilegal,” tutur Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi, Untung Basuki.

Pelanggaran paling dominan yang ditemukan pada 2017 ini adalah rokok yang tidak dilekati pita cukai dan dilekati pita cukai palsu yang berasal dari pulau Jawa.

“Kalau nanti ada laporan dari masyarakat menemukan rokok yang tidak ada pitanya atau ada pitanya tapi bekas atau palsu, maka kita akan tindak,” tegas Untung.

Kanwil Bea Cukai Sulawesi juga telah menghimpun penerimaan negara pertanggal 17 September 2017 sebesar Rp 445,34 miliar atau melebihi target yang diberikan negara sebesar Rp 422, 44 miliar atau 105,42% dari target penerimaan. (sul/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...