Pemuda Latimojong Usul Pengantin Baru Sumbang Bibit Pohon

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Usulan ini mencuat dari Lembaga Pemuda Desa Wisata Latimojong (LPDWL), Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Tujuannya untuk mengembalikan kejayaan Pegunungan Latimojong.

Ketua LPDWL, Muslimin, mengatakan, usulan kreatif ini berupa aturan menanam pohon bagi setiap pengantin baru. Satu pohon bagi satu pengantin yang berasal dari kawasan Desa Latimojong, Kabupaten Enrekang.

“Jadi, setiap orang yang menikah wajib menyumbang satu pohon. Nanti kita tanam di kawasan yang memang butuh kembali dihijaukan,” terang lelaki yang akrab disapa Muche ini.

Hanya saja, aturan tersebut masih harus dibicarakan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Secepatnya, mereka ingin merealisasikannya. Muche yakin bakal mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat.

Kawasan Pegunungan Latimojong memang pernah menjadi hutan yang sangat lebat. Sayangnya, aktivitas penduduk dalam menambah lahan-lahan perkebunan kopi membuat sebagian pohon ditebang. Untuk itu, butuh upaya kreatif untuk mengembalikan punggung pegunungan kembali hijau. (mam/fo/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...