Guru Garis Depan Terbaik Dijanjikan Lanjut Studi ke Jepang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Mendikbud, Muhadjir Effendy, mengatakan, pihaknya membuka kesempatan untuk guru berprestasi dari kawasan perbatasan untuk menempuh pendidikan lanjutan.

“Saya akan beri kesempatan belajar ke Jepang bagi guru terbaik di sini,” ujar Menteri Muhadjir di hadapan guru garis depan (GGD) yang mengikuti lokakarya teknologi informasi komunikasi (TIK), 27-30 September 2017.

Janji ini ditujukan kepada peserta lokakarya, yang menjalani pre-test dan post test dalam lokakarya.

Ia juga berpesan agar guru-guru di kawasan perbatasan pantang menyerah dan harus kreatif menyiasati keterbatasan infrastruktur.

Terkait penguatan pendidikan karakter (PPK), Muhadjir mengatakan, penerapannya tidak hanya cocok untuk wilayah perkotaan, namun juga daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

“Banyak yang komplain mengenai penguatan pendidikan karakter. Padahal PPK sangat cocok di wilayah 3T, tinggal diolah oleh guru saja. Kurikulum sebagai kompas untuk tentukan arah,” ujar Muhadjir.

Muhadjir mengungkapkan, banyak negara yang mengejar prestasi sains, tapi pendidikan moral kurang diperhatikan. Yang bagus itu di Jepang, moralitasnya terjaga, generasi mudanya punya karakter kuat. (esy/jpnn/fajar)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...