Catatan Penelitian IYL: Kita Punya Modal untuk Setara Finlandia

Studi komparasi tentang pendidikan dasar di tujuh negara memasuki masa perampungan. Satu negara yang saya ikut usulkan untuk dijadikan lokasi penelitian, yakni Finlandia, kini dalam proses pengambilan data di beberapa lokasi yang menjadi sampel selama dua hari terakhir.

================== Oleh: Ichsan Yasin Limpo ==================

FINLANDIA sengaja saya masukkan sebagai salah satu negara tujuan penelitian. Histori tentang negara ini yang pernah menjadi bangsa tertinggal dan termiskin sekira puluhan tahun lalu, menjelma menjadi negara yang sistem pendidikannya terbaik di dunia selama beberapa tahun belakangan.

Itu sebabnya, saya sangat antusias mempelajari lebih dalam tentang sistem pendidikan di negara yang terletak di Eropa ini. Tak lengkap rasanya membahas dan meneliti tentang pendidikan dasar kalau tidak memasukkan Finlandia. Dan semua ini, bukan semata-mata untuk mengejar gelar doktor saya semata. Lebih dari itu, sebagai anak bangsa ingin memberi konstribusi perbaikan kualitas pendidikan, demi generasi kita kelak.

[caption id="attachment_249224" align="aligncenter" width="300"] Penelitian disertasi doktor Ichsan Yasin Limpo di Finlandia. (Foto: IST/FAJAR.co.id)[/caption]

Alhamdullillah, bersama istri tercinta, Hj Novita Madonza Amu, saya berkesempatan menginjakkan kaki di Finlandia, terhitung mulai Senin (09/10/2017) sore waktu setempat. Sebuah kebanggan tersendiri, bisa berkunjung di negara ini, apalagi mendapat ruang bisa berinteraksi langsung dengan guru dan siswa di sekolah yang menjadi lokasi penelitian. Termasuk sharing atau mendengar penyampaian dari pejabat berwenang tentang pendidikan di Helsinki Finlandia.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor :


Comment

Loading...